Sukses

Cara Sandiaga Uno Ajak Pelaku UMKM di Bali Bangkit

Menparekraf sandiaga Uno saat mendatangi kediaman Wagub Bali Cok Ace bertemu dengan puluhan pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. Sandiaga nampak berinteraksi dan membeli produk-produk UMKM yang sedang dipamerkan hari itu.

Liputan6.com, Denpasar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno saat berkantor di Bali mendatangi pusat oleh-oleh khas Bali, Krisna dan Keranjang di kawasan Kuta. Dalam kesempatan itu Sandiaga Uno memberikan motivasi dan mengajak semua pelaku UMKM Bali untuk bangkit di tengah pandemi Covid-19.

Pada kesempatan itu sandiaga Uno langsung ditodong para pelaku UMKM terkait kendala mereka yang sampai merumahkan sebagian besar karyawannya. Kepada Sandiaga Uno para pelaku UMKM Bali itu meminta Kemenparekraf sedikit melonggarkan kebijakan tentang PPKM sehingga wisatawan juga banyak datang ke Bali. 

"Dibatasi sampai ketat seperti sekarang kita tidak bisa bergerak. Nanti kita pelaku UMKM akan mati suri. Kami minta kelonggaran terkait PPKM," Kata Emanuel Edo owner UD Kacang Rajawali saat berbincang dengan Sandiaga Uno di Krisna, Bali, Minggu (31/1/2021).

Tak hanya satu, pelaku UMKM Bali lainnya Budi Legawa sejak pandemi Covid-19 masuk Bali usahanya sudah total berhenti. Dirinya menyebut saat krisna buka pada akhir tahun lalu dirinya merasa bersyukur karena ada pemasukan untuk usahanya dan bisa mempekerjakan sebagian karyawannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggaran Free Covid Corridor

"Sejak pandemi Covid-19 masuk, Bulan April sampai September 2020 pemasukan kita turun drastis. Semenjak Krisna buka ada pergerakan sedikit dan kami hanya mempekerjakan sedikit dari karyawan kami. Bulan Desember 2020 lalu pendapatan agak naik, tapi Bulan Januari 2021 ini turun lagi pendapatan," katanya.

Sementara itu, Sandiaga Uno langsung menanggapi keluhan-keluhan para pelaku UMKM Bali tersebut. Meski mengaku prihatin atas keadaan yang tengahn dialami pelaku UMKM, namun Sandiaga meminta untuk bisa membiasakan dengan situasi di tengah pandemi Covid-19. "Saya turut prihatin dengan apa yang tengah terjadi dan dialami teman-teman UMKM. Namun, kita memang harus mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru," ujar dia. 

Ia melanjutkan, dengan data kesembuhan dan tingkat kasus positif yang semakin rendah itu akan semakin mudah bagi Kemenparekraf untuk mendorong kebijakan-kebijakan yang akan menguntungkan UMKM Bali dan semua masyarakat. "Jika data Covid-19 kita mengalami perbaikan pasti akan saya dukung," ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sandiaga Uno menambahkan dirinya tengah melakukan terobosan untuk bangkitkan pariwisata Bali dan mengusulkan anggaran untuk pemulihan pariwisata Bali. "Saya akan terus dorong agar anggaran free Covid corridor Rp9,9 triliun segera terwujud," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.