Sukses

1 Februari 2021, Garut Baru Gelar Vaksinasi Perdana Covid-19

Setelah mendapatkan arah dari Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri, pelaksanaan vaksinasi Covid-10 mulai digelar awal bulan depan.

Liputan6.com, Garut - Setelah seluruh persiapan selesai, Pemerintah Daerah (Pemda) Garut, Jawa Barat memastikan pelaksanaan vaksinasi perdana Covid-19 bakal dilaksanakan serentak Senin, 1 Februari 2021 mendatang.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan setelah mendapatkan arahan dari Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri, pelaksanaan vaksinasi Covid-10 mulai digelar awal bulan depan.

"Kami baru menerima vaksin secara terbatas yaitu 6.000-an," ujarnya, Jumat (29/1/2021).

Dalam pelaksanaannya, ujar Rudy, Pemda Garut akan melakukan secara bertahap sesuai dengan instruksi pemerintah pusat.

"Ini tanggung jawab bupati, tanggung jawab TNI, Polri, pimpinan daerah di depannya adalah Bapak Kadis (kepala dinas) kesehatan," kata dia.

Untuk memastikan vaksin aman bagi masyarakat, Rudy siap menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 di Garut.

"Tapi nanti juga ada verifikasi screening misalkan nanti kalau tekanan darah saya waktu itu 180 saya enggak bisa, 160 enggak bisa atau saya punya gula, gula saya dicek dulu," papar dia.

Selain tenaga kesehatan (nakes) dan pimpinan daerah, segmen berikutnya yang akan mendapatkan vaksin perdana yakni unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda),  influencer, serta perwakilan tokoh agama.

"Saya kira kalau dasar perhitungan tadi dalam satu minggu 6.000 sudah habis," kata dia.

Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut bakal menyiapkan tempat pelaksanaan vaksinasi di 67 puskesmas, 6 rumah sakit, dan 26 klinik. Dengan sasaran puskesmas 3.963 sasaran, rumah sakit 2.652 sasaran, dan klinik 963 sasaran.

Tak ketinggalan mereka juga menyiapkan sarana penyimpanan vaksin terdiri dari 80 refrigator dan 100 vaccine carrier, dan 12.200 single dose vaksin Covid-19, serta alat penunjang lainnya seperti APD (Alat Pelindung Diri).

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.