Sukses

Kapal Motor Penumpang Tabrak Dermaga di Pelabuhan Merak

Kapal Motor Penumpang (KMP) Rishel menabrak fender dan dolphin dermaga 4 Pelabuhan Merak.

Liputan6.com, Cilegon - Kapal Motor Penumpang (KMP) Rishel menabrak fender dan dolphin dermaga 4 Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Peristiwa itu terjadi Kamis malam, (28/1/2021), sekitar pukul 22.00 WIB.

Dugaan sementara, kapal terbawa derasnya arus dan angin yang kencang, sehingga KMP Rishel gagal sandar.

"Dugaan itu terjadi karena arus kuat saat kejadian. Saat olah gerak, kapal terseret arus. Karena terseret, kapal menabrak dolphin dan fender," kata Kepala Pos Kesyahbandaran Pelabuhan Penyeberangan Merak, Suharso, Jumat (29/1/2021).

Akibat tabrakan tersebut, buritan atau bagian belakang kapal rusak sekitar satu meter dan lebar 0,5 meter. Ditambah, rantai fender putus.

"Buritan kapal robek, seagle rantai pada fender nomor 3 putus sebanyak 3 buah," katanya.

Usai menabrak dermaga 4 Pelabuhan Merak, kapal berusaha sandar kembali, namun gagal. KMP Rishel baru bisa sandar di dermaga 5 sekitar pukul 01.00 WIB.

Usai menurunkan penumpang dan kendaraan, kapal kemudian disuruh engker atau lepas jangkar untuk perbaikan dan penyelidikkan oleh marine inspector dan KSOP Banten.

"Sandar di dermaga 5. Setelah dicek, tidak ada laporan kendaraan penumpang mengalami kerusakan maupun korban jiwa. Kapal itu saya perintahkan engker. Kita suruh perbaikan dahulu. Kalau sudah perbaikan, kami periksa, nanti kalau sudah laik, baru bisa jalan lagi," jelasnya.

 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini