Sukses

Cari Uang untuk Beli Rokok, Buruh Alih Profesi Jadi Pencuri Sepeda Motor

ZA (25) pemuda asal Lampung berhenti kerja di Jakarta dan alih profesi menjadi pencuri kendaraan bermotor (curanmor) di wilayah Kota Serang, Banten.

Liputan6.com, Serang - ZA (25) pemuda asal Lampung berhenti kerja di Jakarta dan alih profesi menjadi pencuri kendaraan bermotor (curanmor) di wilayah Kota Serang, Banten. Dia bersama AA (28), pemuda asal Kabupaten Pandeglang, melakukan aksi pencuriannya.

Pelaku AA menjadi pemandu dan petunjuk jalan bagi ZA. Lantaran pelaku ZA baru datang ke Banten hari Selasa, 26 Januari 2021 lalu. Aksi mereka terhenti pada Kamis, 28 Januari 2021.

"Saat akan mengambil sepeda motor, korban keluar rumah dan mengetahui motornya akan dicuri. Kemudian berteriak maling," kata Kapolsek Curug, AKP Dedi Rudiman, di kantornya, Kota Serang, Banten, Jumat (29/1/2021).

Kedua pelaku mencuri sepeda motor di sebuah rumah yang berada di jalur utama antara Kota Serang dan Kabupaten Serang menuju Kabupaten Pandeglang. Tepatnya di Kampung Sarongge, Desa Kemanisan, Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten.

"Pas ketahuan, korban teriak kemudian di kejar warga. Pelaku lari ke jalan buntu, kemudian ditangkap warga bersama polisi," jelasnya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Uang untuk Beli Rokok

Menurut pengakuan pelaku ZA (24), AA berperan sebagai petunjuk jalan. Sedangkan dia yang bertugas mencuri motor.

Sejak datang ke Banten, keduanya sudah berhasil menggondol dua sepeda motor, pertama kali mencuri berhasil. Namun, yang kedua kali gagal dan tertangkap polisi. Satu unit sepeda motor yang berhasil mereka curi, dijual seharga Rp 2 juta ke daerah Kabupaten Pandeglang, Banten.

"Baru dua kali motor ini. Ngintip pintu rumah, kalau enggak ada orang diambil barangnya. Sebelumnya, kerja di Jakarta, berhenti sendiri. Uangnya buat beli rokok sama baju. Sekarang pengangguran. Dijual ke Saketi, di tempat teman, dijual utuh. Baru datang (ke Banten) hari Selasa," kata pelau ZA, di Mapolsek Curug, Jumat (29/01/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.