Sukses

Sandiaga Uno Anggarkan Rp9,9 Triliun untuk Pemulihan Pariwisata Bali

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno telah mengajukan anggaran sebesar 9.9 triliun untuk pemulihan pariwisata Bali.

Liputan6.com, Denpasar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno telah mengusulkan anggaran sebesar 9.9 triliun untuk pemulihan pariwisata Bali. Ia mengaku usulan tersebut telah ia sampaikan kepada Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Ia pun meminta doa dari semua masyarakat Bali agar usulan itu dapat disetujui. 

"Terus mendorong dan lebih giat mengusahakan program 9,9 triliun soft loan. Kita bilang atau bahasa lokomotifnya, pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali yaitu sebuah program yang bisa memberikan darah segar, sebuah program karna cash is king, Bali yang saat ini lokomotifnya berhenti. jadi bagaiman kita kembali menggerakkan lokomotifnya," ujar Menparekraf Sandiaga Uno dia di Kantor Bank Indonesia Bali, Jumat (29/1/2021).

Ia menyebut, Bali yang tengah mengalami penurunan ekonomi hingga minus 12% harus didukung oleh pemerintah pusat menggerakkan kembali lokomotif perekonomiannya.

"Ibarat anak yang sekarang dalam keadaan kurang sehat, selama ini menopang 55% daripada pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Bali juga bisa mendapatkan satu perhatian khusus dari segi vaksin, segi program-program pemerintah yang bisa membantu atau upaya bertahan Bali (survival), dan membantu menyiapkan kebangkitan nya (revival)," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyelamatan Ekonomi dan Pariwisata Bali

Menparekraf Sandiaga Uno mengaku usai berdialog dengan Wakil Gubernur bali, Tjokorda Oka Artha Ardana atau Cok Ace dan Kepala Wilayah Bank Indonesia Bali, Trisno Nugroho di Kantor Bank Indonesia Bali menghasilkan ide untuk pemulihan ekonomi Bali dengan menduplikasi melalui program yang selama ini sudah berjalan di beberapa wilayah di Indonesia. 

"Seperti di Morewali, Sulawesi Tengara, yaitu per bulan ada 5000 (lima ribu) tenaga kerja asing yang masuk dengan pola tertentu, yaitu mereka sudah di vaksin, teman-teman ini mengajulan kepada kami, dan sekarang kami akan mempelajari pola yang sama apakah akan di terapkan juga di Bali," tutur pria hyang pernah mejabat Wagub DKI Jakarta itu.

Sementara itu, berkaitan dengan konsep nya free covid koridor untuk semua wisatawan yang akan datang di Bali. "Rencanya yang boleh masuk sini sudah mendapatkan vaksin di negara asalnya dan disini dilakukan tes antigen. Mereka bisa langsung beraktifitas karna mereka sudah free covid, jadi ini nama nya free covid koridor. Saya akan mempelajari, jika seandainya ini mendapatkan dukungan dari semua, mari kita dukung," ucap Sandiaga Uno.

"Mulai nya dulu seperti apa, nanti semua pihak di sini melakukan diskusi, tadi juga pak Wagub bilang mendukung, pembicaraan free covid koridor ini. ini mudah-mudahan menjadi suatu motivasi bagi kita untuk membangkitkan lagi, ekonomi Bali, menyelamatkan lapangan pekerjaan, dan mulai mempersiapkan kebangkitan sektor ini (pariwisata)," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.