Sukses

Ridwan Kamil Cari 5 Ribu Petani Milenial yang Siap Sukses di Desa

Keberadaan petani milenial diharapkan mampu menggarap lahan garapan di desa-desa Jawa Barat dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Liputan6.com, Garut Untuk mencetak petani muda Jawa Barat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) segera meluncurkan program ‘Petani Millenial’ mulai tahun ini.

“Pertengahan Februari, kita akan launching gerakan 5 ribu petani millenial tahun 2021,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di sela-sela panen raya komoditas jagung di Garut, Rabu (27/1/2021).

Menurut Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, program ini ditujukan mencetak regenerasi petani muda agar tertarik menggarap lahan pertanian di desa.

Saat ini Pemprov Jawa Barat membutuhkan sedikitnya lima ribu anak muda yang siap ditempatkan di desa untuk menjadi petani di desa.

“Nanti diberi tanah dua ribu meter dimodalin BJB, dibimbing dan produknya dibeli oleh Agro Jabar,” papar Kang Emil

Dalam prakteknya, setelah dinyatakan lulus para peserta program petani milenial itu akan mendapatkan tanah garapan seluas 2.000 meter persegi, termasuk modal dan bimbingan teknis yang akan diberikan Agro Jabar, selaku BUMD milik Pemprov Jabar.

Dengan upaya itu, para petani milenial tersebut bisa menjadi katalisator atau pemacu peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat di pedesaan untuk wilayah Jawa Barat.

“Yang penting tinggal di desa, rezeki kota dengan skill digital Insya Allah mendunia,” papar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini