Sukses

Kisah Pasutri Pemilik Si Gehger, Domba Tangkas Garut Seharga Rp375 Juta

Selain melestarikan budaya lokal, masyarakat Garut, Jawa Barat sejak lama, memelihara domba Garut juga sebagai investasi yang cukup menggiurkan.

Liputan6.com, Garut - Bagi masyarakat Garut, Jawa Barat, memelihara domba tangkas atau yang biasa ikut laga tangkas adalah kebanggaan. Selain mempertahankan tradisi, investasi domba Garut adu juga memberikan keuntungan menggiurkan.

Tak percaya, lihat saja harga domba adu si Gehger yang berusia 3 tahun, sudah ditawar Rp375 juta, kemudian si Robin, yang berusia 4 tahun, dihargai Rp300 juta, setelah keduanya giliran menjuarai kontes tangkas domba tingkat nasional 2020 lalu.

"Dulu yang legendaris di sini ada yang namanya si Bagas yang ditawar hingga Rp500 juta," ujar Iwa, salah seorang peternak domba tangkas Garut, Rabu (27/1/2021).

Ditemani Ernawati atau yang biasa dipanggil Erna Intan Dewata, sepasang suami-istri pemilik padepokan domba Garut "Intan Dewata Single Fighter (SF)" di Kampung Naringgul, Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut ini, memang dikenal sebagai pemilik domba unggulan di Garut.

Mereka bangga memiliki sekaligus memelihara domba seharga ratusan juta tersebut. Mereka kerap menjadi perwakilan Garut dalam beberapa kejuaraan nasional lomba tangkas domba Garut.

"Di sini ada delapan ekor, beberapa di antaranya sudah ditawar di atas Rp100 juta," kata dia.

Menurut haji Iwa, hobi memelihara dan beternak domba tangkas merupakan warisan dari orangtuanya secara turun temurun. "Biasanya saat laga atau ada waktu luang kita turun ke peternak mencari domba unggul," kata dia.

Ia mencontohkan saat pertama kali menemukan si Robin, domba juara 2020 itu, sengaja dibeli seharga Rp85 juta dari sesama pecinta domba di wilayah Majalaya, Kabupaten Bandung, setahun sebelumnya.

Namun, setelah memenangi kontes tangkas domba Garut tingkat nasional di Cimahi tahun lalu, harganya langsung meroket tajam. 

"Sudah ada yang nawar dengan uang cash (tunai) seharga Rp300 juta, tapi belum saya keluarkan," kata dia.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Investasi Menggiurkan

Menurutnya, menjual domba Garut juara bukan perkara sulit, tetapi mencari pengganti sepandan itulah yang membuat Iwa dan Erna berpikir ulang untuk melepasnya.

"Kalau menjual gampang, tapi belum ada penggantinya yang sepadan," ujarnya.

Saat ini, total ada 42 domba Garut unggulan di beberapa kandang milik padepokan Intan Dewata. Domba-domba itu terbiasa mengikuti lomba dengan ragam kelas.

"Alhamdulillah seluruh domba kami sudah merasakan juara dari mulai kelas A hingga kelas C," ujar dia bangga.

Bahkan, empat di antaranya sudah ditawari harga ratusan juga karena aksi memukaunya di beberapa arena ketangkasan domba Garut. Sebut saja harga si Gehger Rp375 juta, kemudian si Robin Rp 300, dan si Ranggalawe Rp250 juta.

Erna Intan Dewata menambahkan, ada beberapa kelas tangkas yang biasa diikuti para pecinta domba tangkas Garut. Untuk kelas A memiliki bobot domba di atas 75 kilogram ke atas, kemudian kelas B memiliki berat badan 65,1 kilogram hingga 75,0 kilogram.

Sedangkan kelas C atau kelas paling kecil yang dipertandingkan, biasanya memiliki bobot badan maksimal 65 kilogram ke bawah. "Itu si Mutiara sudah ditawar Rp150 juta yang baru juara di kelas C (paling bawah)," ujarnya.

Domba Garut memang khas Indonesia, tumbuh dan berkembang di Kabupaten Garut. Domba jenis ini memiliki ciri berekor tebal, tanduk besar sebagai senjata utama, tampilan badan yang bersih, kekar dengan keempat kaki yang terlihat sehat dan kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.