Sukses

Pengawalan Ketat Pelaksanaan Vaksinasi di Cirebon

Berbagai kesiapan instansi pemerintah di Kabupaten Cirebon mengawal kelancaran proses vaksinasi covid-19 dilakukan termasuk pengawalan yang dilakukan aparat keamanan.

Liputan6.com, Cirebon - Polresta Cirebon memastikan kedatangan vaksin covid-19 di Kabupaten Cirebon akan berjalan aman dan lancar. Ratusan personel diterjunkan untuk mengawal dan mengamankan pengiriman vaksin ke Kabupaten Cirebon pada Rabu, 27 Januari 2021.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi, mengatakan, para personel polisi akan disiagakan di sejumlah titik untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar.

"Kami mengerahkan 300 personel untuk mengamankan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cirebon," kata M. Syahduddi, usai Rakor Kesiapan Penerimaan, Penyimpanan, dan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Ruang Tunggal Panaluan Mapolresta Cirebon, Selasa (26/1/2021).

Syahduddi mengaku akan mengawal seluruh rangkaian agenda vaksinasi yang ada di Kabupaten Cirebon. Termasuk pendistribusian vaksin ke seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di Kabupaten Cirebon.

Syahduddi mengaku sudah menyiapkan skema pengamanan vaksin covid-19 di Kabupaten Cirebon. Petugas polisi akan menjaga gudang penyimpanan vaksin covid-19 selam 1x24 jam.

"Pengawalan juga akan dilakukan saat vaksin dari gudang farmasi di kirim ke fasyankes," ujar M Syahduddi.

Selain itu, Polresta Cirebon akan mengawal ketat pelaksanaan vaksinasi covid-19 baik di puskesmas, rumah sakit, dan poliklinik sesuai yang sudah ditentukan.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendistribusian

Dia mengatakan, seluruh rangkaian vaksinasi Covid-19 akan mendapat pengawalan ketat dari Polresta Cirebon, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, dan lainnya.

"Ini semua demi kelancaran proses vaksinasi yang rencana dilaksanakan bulan Februari mendatang," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon Eni Suhaeni menyebutkan, vaksin Covid-19 datang pada hari Rabu, 26 Januari 2021.

Dia menyebutkan, jumlah dosis vaksin yang akan datang pada tahap pertama sebanyak 7.000 dosis. Di menegaskan, vaksin tersebut diperuntukkan bagi tenaga kesehatan dan pekerja dengan risiko tinggi pelayanan kesehatan.

Sebelum didistribusi ke puskesmas, vaksin terlebih dahulu akan disimpan di gudang farmasi milik Pemkab Cirebon. Eni memastikan, gudang farmasi akan dijaga secara ketat oleh TNI/Polri guna keamanan vaksin Covid-19.

"Kalau pendistribusian ke fasilitas kesehatan akan dilakukan pada Kamis dan Jumat," ungkap Eni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.