Sukses

Dari 4 Pilkada di Banten Baru 2 Wilayah yang Pemenangnya Ditetapkan, Kenapa?

Dari empat pilkada di Banten, KPU baru menetapkan pemenang di dua daerah, yakni Kota Cilegon dan Kabupaten Serang.

Liputan6.com, Cilegon Dari empat Pilkada di Banten, KPU baru menetapkan pemenang di dua daerah, yakni Kota Cilegon dan Kabupaten Serang. Penetapan dilakukan Jumat, 22 Januari 2021.

Pilkada Kota Cilegon, dimenangkan oleh paslon Helldy Agustian-Sanuji Pentamerta yang meraih 34,4 persen, disusul Ati Marliati-Sokhidin meraih 29,6 persen, Ali Mujahidin-Lian Firman 21,7 persen, dan Iye Iman Rohiman-Awab meraih 14,4 persen suara.

Kemudian di Kabupaten Serang, petahana masih kokoh sebagai pemenangnya, yakni Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa, yang meraih 429.054 suara. Sedangkan kompetitornya, Nasrul Ulum-Eki Baihaki meraih 247.310 suara.

"Dari dua (pilkada) yang diumumkan, yang tidak ada perkaranya di MK dan itu sudah dipastikan lewat surat MK kemarin tanggal 20 Januari, yang sudah kita dapat. Karena itu mereka (KPU) melakukan penetapan (pemenang pilkada)," kata Mashudi, Komisioner KPU Banten, di Hotel Royal Krakatau, usai penetapan pemenang Pilkada Cilegon, Sabtu (23/01/2021).

Sedangkan Pilkada Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan Kabupaten Pandeglang, belum ditetapkan pemenangnya oleh KPU, karena masih disidangkan di Mahkamah Konstitusi (MK).

KPU Banten belum mengetahui materi gugatan dari kedua daerah itu di MK. Namun penyelenggara pemilu tersebut mengaku siap menjalani persidangan.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wali Kota Cilegon Terpilih Akan Kerja Sama Dengan KPK

"Jadi KPU kabupaten dan kota ini sedang mengikuti persidangan yang ada, baik secara luring maupun daring. Kita belum lihat itu gugatan mereka seperti apa, jadi mereka mau menggugat itu di mananya, apakah hasil atau prosesnya yang memengaruhi hasil," terangnya.

KPU meyakini mereka sudah melakukan proses pilkada sesuai prosedur yang berlaku, dan tidak melanggar peraturan yang ada. KPU juga sudah menyiapkan diri untuk melakukan pembelaan.

"Karena kita yakin dengan proses yang sudah dilalui itu, tidak ada kesalahan dalam perolehan hasil maupun prosedural," jelasnya.

Kemudian Helldy Agustian bersama wakilnya, Sanuji Pentamerta, sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon terpilih, mengaku akan mengajak seluruh paslon yang berkontestasi dengannya, untuk bersama-sama membangun Kota Baja.

Helldy-Sanuji akan bekerja sama dengan KPK untuk melakukan reformasi birokrasi. Keduanya juga sudah belajar ke Kabupaten Banyuwangi, untuk membangun Kota Cilegon.

"Kita melihat di Banyuwangi itu bukan lagi smart city, tapi smart kampung, smart village. Melihat masalah kemarin (dua walikota ditahan KPK), kita tidak ingin mengulang masalah kesalahan yang sama. Semoga ke depan jauh lebih baik. Adapun kerja sama dengan KPK, nanti kami akan konsultasi setelah dilantik," kata Helldy Agustian, Wali Kota Cilegon terpilih, di tempat yang sama, Sabtu (23/01/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.