Perpustakaan Keren Senilai Rp9,5 Miliar Resmi Berdiri di Kabupaten Tanah Datar

Oleh Liputan6.com pada 22 Jan 2021, 11:14 WIB
Diperbarui 22 Jan 2021, 11:14 WIB
Perpustakaan Umum Tanah Datar
Perbesar
Gedung Perpustakaan Umum Kabupaten Tanah Datar resmi berdiri. (Liputan6.com/ Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando meresmikan Gedung Perpustakaan Umum Kabupaten Tanah Datar secara daring, Kamis (21/1/2021). Perpustakaan keren dengan berbagai koleksi buku itu dibangun menggunakan APBD senilai Rp9,5 miliar.

"Saya mengapresiasi perhatian Pemkab Tanah Datar dalam menjabarkan program visi misi Presiden dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pembangunan perpustakaan umum ini," ujarnya, menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Jumat (22/1/2021).

Syarif Bando mengatakan, penting bagi bangsa Indonesia untuk mulai meletakkan dasar dan memastikan bagaimana membangun kualitas SDM yang unggul. Hal ini menjadi penting, karena mengelola potensi sumber daya alam yang melimpah dan merealisasikannya menjadi kesejahteraan bersama bukanlah perkara mudah, butuh pengetahuan dan literasi yang kuat.

Perpustakaan Nasional sendiri menjabarkannya ke dalam empat tingkat literasi, karena saat ini literasi tidak lagi hanya sekadar kemampuan mengenal huruf, kalimat, maupun menyatakan hubungan sebab akibat.

Tingkatan pertama yakni kemampuan terhadap aksesibilitas untuk mendapatkan sumber bacaan terbaru, terpercaya, terlengkap dan terkini. Dengan hadirnya gedung perpustakaan ini menjadi sebuah fasilitas yang fundamental, untuk mempersiapkan sejumlah koleksi, tempat mencari informasi.

"Meski saat ini kita tengah masuk di era digital, tetapi selalu saja perpustakaan menjadi simbol peradaban untuk menceritakan bagaimana nasionalismenya bung Karno, dan bung Hatta. Kita harus memiliki perpustakaan sebagai simbol kemajuan dan peradaban kita," ungkapnya.

Untuk mendukung layanan perpustakaan umum di Kabupaten Tanah Datar, Perpustakaan Nasional menyerahkan satu unit mobil perpustakaan keliling. Selain itu, di tahun 2021 Dinas Perpustakaan Kabupaten Tanah Datar mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp500 juta.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma mengatakan, untuk mendukung pembangunan dan peningkatan SDM di Kabupaten Tanah Datar pihaknya mengalokasikan anggaran untuk pembangunan gedung perpustakaan yang representatif.

"Kehadiran gedung perpustakaan ini merupakan yang diidamkan oleh masyarakat Tanah Datar. Perpustakaan ini pun menjadi perpustakaan terbaik di 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat," katanya.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓