Breaking News: Gempa Bumi Kembali Mengguncang Mamuju Sulbar

Oleh Abdul Rajab Umar pada 20 Jan 2021, 23:03 WIB
Diperbarui 20 Jan 2021, 23:04 WIB
Evakuasi Korban Gempa Mamuju Tetap Dilanjutkan
Perbesar
Warga memeriksa reruntuhan bangunan yang rusak akibat gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (16/1/2021). Jalan dan jembatan yang rusak, pemadaman listrik, dan kurangnya alat berat menghambat evakuasi setelah gempa bermagnitudo 6,2 SR yang melanda Majene- Mamuju. (AP Photo/Yusuf Wahil)

Liputan6.com, Mamuju - Gempa bumi dengan magnitudo 3,7 mengguncang Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat pada Rabu 20 Januari 2021 pukul 23.19 Wita. Episenter gempa terletak pada koordinat 2,47 LS dan 119.54 BT.

Gempa itu terjadi di darat, tepatnya pada jarak 42 kilometer arah Tenggara Mamuju Tengah pada kedalaman 6 kilometer.

Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, dr Daryono mengatakan, gempa bumi ini tidak berpotensi merusak. Gempa ini turut dirasakan di Kabupaten Mamuju tepatnya di daerah Sampaga dan Bonehau.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:


Bukan Gempa Susulan Majene-Mamuju

"Gempa ini bukan bagian dari rangkaian gempa susulan (aftershocks) dari gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang Majene dan Mamuju," kata Daryono kepada wartawan Rabu malam (20/01/2021).

Daryono menambahkan, gempa yang meluluhlantakkan Kota Mamuju itu, hingga saat ini sangat minim gempa susulan. Hingga saat ini, gempa susulan bertahan diangka 32.

"Kami menyebutnya sebagai gempa miskin susulan (lack of aftershocks)," tutup Daryono.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya