Sukses

Korem Wirasatya Uji Coba Ketahanan Pangan dengan Budidaya Lele

Cara Korem 163 Wirasatya uji coba ketahanan pangan dengan cara budidaya lele. Danrem Wirasatya , Brigjen TNI Husein Sagaf turun langsung dalam uji coba budidaya lele di lingkungan korem.

Liputan6.com, Denpasar Ketahanan pangan menjadi salah satu pemulihan ekonomin 2021. Langkah persiapan ketahanan pangan juga akhirnya dilakukan di lingkungan TNI AD, seperti yang dilakukan Korem 163 Wirasatya yang melakukan uji coba ketahanan pangan dengan cara budidaya lele.

Danrem Wirasatya , Brigjen TNI Husein Sagaf mengatakan langkah tersebut diambil sebagai wujud peran TNI dalam menjaga kestabilan ketahanan pangan di Bali.

"Korem Wirasatya budidayakan 5 ribu bibit lele dengan menggunakan lima kolam terpal berdiameter 1,5 meter. Kegiatan ini adalah wujud implementasi perintah dari pimpinan atas dalam upaya melaksanakan ketahanan pangan," ucap Brigjen TNI Husein Sagaf usai menebar pertama bibit lele, Rabu (20/01/2021).

Ia melanjutkan di semua wilayah di bawah Korem Wira Satya, seperti kodim yang ada di kabupaten/kota siudah lebih dulu mengimplementasikan program ketahanan pangan lele tersebut.

"Ini (budidaya lele) sebagai kegiatan imbangan, dimana kodim-kodim telah melaksanakan. Makanya di Makorem juga kita buat, serta ke depannya program ketahanan pangan ini direncanakan untuk dilombakan oleh Kodam IX/Udayana," ujar Danrem.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya untuk Bantu Kesulitan Rakyat

Ia menyebut, uji coba ketahanan pangan budidaya lele tersebut memberikan contoh kepada masayarakat. Sebagai wujud implementasi dari Delapan Wajib TNI yaitu menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya.

"Ini bisa sebagai contoh bagi lingkungan kita dan apabila nantinya panen dapat dinikmati bersama-sama," katanya.

Sementara itu, selain budidaya lele Korem Wirasatya juga membuat program pertanian lainnya, seperti pertanian hidroponik dengan berbagai tanaman sayur mayur seperti sawi hijau kangkung dan juga jamur merang.

"Semua ini usaha yang kita lakukan semoga dalam beberapa waktu ke depan akan ada hasilnya", tutur Danrem, yang berjanji jika berhasil bagus akan mengembangkan 5 kolam lagi.

Dalam kegiatan yang berlangsung sederhana tersebut juga dihadiri Kasrem, Kasiren dan Para Kasi Kasrem 163/Wira Satya serta Para Perwira lainnya termasuk anggota yang juga ikut menebar lele.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.