Sukses

Heboh Belalai Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Wonogiri - Fenomena pusaran angin menyerupai angin puting beliung muncul di area perairan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Fenomena alam itu terjadi di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri, Rabu (20/1/2021).

Fenomena puting beliung itu sempat direkam oleh beberapa warga yang melihatnya secara langsung. Kemudian dibagikan di media sosial dan saat ini tengah viral.

 

Dari beberapa video viral yang didapat Solopos.com, fenomena itu sempat membuat orang yang merekam menjadi panik. Mereka menyebut nama Allah dan kalimat tahlil "Lailahailallah".

Selain itu juga ada video seorang nelayan yang sedang mencari ikan dan segera menjauh ketika melihat puting beliung muncul di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri.

Kepala Desa Sendang, Sukamto, membenarkan adanya fenomena puting beliung yang terjadi di desanya. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.30 WIB.

 

Simak Video Puting Beliung Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Berdampak ke Permukiman

Kejadian yang sempat menghebohkan dan mambuat panik warga itu terjadi sebelum hujan mengguyur area itu. Setelah fenomena itu muncul, hujan deras mengguyur.

"Fenomena itu terjadi sebelum hujan. Pusaran itu berlangsung sekitar 15 menit," kata dia kepada wartawan, Rabu.

Sukamto mengatakan, pusaran angin itu hanya terjadi di perairan WGM, tepatnya di dekat karamba. Sehingga kawasan permukiman warga tidak terdampak.

Sementara itu, Camat Wonogiri Kota, Joko Purwidiyatmo, juga membenarkan munculnya puting beliung di WGM. Setelah mendapat laporan, pihaknya langsung mengecek ke lokasi.

"Alhamdulillah tidak ke permukiman warga, aman. Saat ini cuacanya ekstrim. Kami harap masyarakat tetap waspada," kata Joko.

Dapatkan berita menarik Solopos.com lainnya, di sini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.