Sukses

Menanti Aroma Rendang Tercium dari Seluruh Pelosok Dunia

Rendang makanan khas Minangkabau ini akan segera bisa diekspor.

Liputan6.com, Padang - Pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia, rendang semakin dikenal, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Kini makanakan khas Sumatera Barat tersebut juga digadang-gadang akan menjajaki pasar ekspor.

Ekspor rendang dari Sumatera Barat akan segera terwujud dengan dijalinnya kerja sama antara Sindocorp International Indonesia dengan Koperasi Wanita Ikaboga di Kota Padang.

Kedua belah pihak tersebut menyepakati untuk memproduksi dan memasarkan produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) itu ke sejumlah negara.

"Kami akan bantu ekspor produk-produk UMKM Kota Padang ke negara tempat kita bekerja sama," kata Pimpinan Sindocorp International Indonesia, Mr Israfil Al-Zill Osman, Selasa (19/1/2021).

Sindocorp International Indonesia bergerak di bidang ekspor impor. Perusahaan ini telah memiliki cabang dan berkantor di berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Turki, Tunisia.

Kemudian tidak lama lagi, kata Israfil perusahaan ini juga mengembangkan diri di Inggris, Thailand, serta beberapa negara lain.

Sementara, Kopwan Ikaboga didampingi konsultan dari Unand Prof Henmaidi menyebut produk rendang dari UMKM di Kota Padang siap bersaing di pentas internasional.

"Apalagi selama ini, UMKM Padang cukup banyak berproduksi terutama rendang dengan bermacam varian," ujarnya.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rendang Kualitas Terbaik

Untuk tahap awal, Henmaidi menjelaskan target ekspor rendang akan dilakukan ke dua negara. Pihaknya berharap kerja sama ini dapat berjalan lancar.

Salah seorang pendiri Kopwan Ikaboga, Harti Ningsih mengatakan dalam waktu dekat produk sampel rendang sudah dikirimkan ke Sindocorp International Indonesia.

"Nanti sampel tersebut dikirimkan ke negara-negara yang bekerjasama dengan perusahaan tersebut," kata dia.

Harti menyampaikan daging rendang yang diekspor nantinya merupakan daging kualitas terbaik. Daging tersebut bergaransi halal.

Nanti kemasan rendang, ia menambahakn akan didesain oleh perusahaan menggunakan tiga bahasa yang tertera di label.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.