Sukses

50 Tenaga Kesehatan Tangani Pemisahan Bayi Kembar Siam di RS Adam Malik Medan

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), kembali akan menjalani operasi pemisahan bayi kembar siam asal Kabupaten Labuhan Batu. Operasi rencananya dilaksanakan Rabu, 20 Januari 2021.

Liputan6.com, Medan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), kembali akan menjalani operasi pemisahan bayi kembar siam asal Kabupaten Labuhan Batu. Operasi rencananya dilaksanakan Rabu, 20 Januari 2021.

Sekretaris Tim Penanganan Bayi Kembar Siam RSUP Haji Adam Malik Medan, dr Rizky Adriansyah MKed (Ped) SpA(K) mengatakan, dalam operasi pemisahan bayi kembar siam berjenis kelamin laki-laki ini melibatkan 50 orang tenaga medis.

"Operasi bayi kembar siam bernama Adam dan Aris dilaksanakan oleh tim yang diketuai Prof dr Guslihan Dasa Tjipta SpA(K)," kata Rizky, Selasa (19/1/2021).

Dijelaskannya, tim yang akan terlibat nantinya terdiri dari beberapa dokter sub spesialis, terutama dokter spesialis bedah anak, dokter spesialis anesthesi pediatrik, dan dokter spesialis anak. Pelaksanan operasi pemisahan bayi kembar siam menerapkan protokol kesehatan.

"Seluruh tim yang terlibat langsung dalam operasi akan menggunakan APD (Alat Pelindung Diri). Juga dilakukan Swab untuk screening Covid-19," jelasnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bayi Dalam Keadaan Sehat

Diterangkan Rizky, bayi kembar siam Adam dan Aris saat ini dalam keadaan sehat dengan berat badan total sekitar 16 Kilogram (Kg). Keduanya sudah berusia 1 tahun 9 bulan 10 hari, dan lahir lahir di RSUP Haji Adam Malik pada 9 Desember 2019.

"Tumbuh kembang cukup baik. Jika tidak ada halangan, pemisahannya dilaksanakan di ruang operasi Gedung CMU (Central Medical Unit)," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Harapan Orang Tua Bayi

Orang tua bayi kembar siam Adam dan Aris, Nur Rahmawati (26) dan Supono (32), berharap proses operasi pemisahan buah hati mereka bisa berjalan dengan lancar, dan dapat dipisahkan dengan selamat.

"Mudah-mudahan berhasil. Kami sudah percayakan kepada tim dokter," ucap Supono.

Tim dokter RSUP Haji Adam Malik sebelumnya berhasil memisahkan bayi kembar siam Mariana-Mariani asal Aceh Timur pada tahun 2005, Sahira-Fahira dari Asahan pada 2017, dan Adam-Malik dari Tapanuli Utara pada 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.