Sukses

Bantuan untuk Korban Banjir dari Daerah di Sekitar Kalsel

Selain mengirimkan bantuan untuk korban banjir di Kalimantan Selatan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga meminta pemerintah kabupaten terdekat untuk turut terlibat penanggulangan bencana banjir.

Liputan6.com, Palangka Raya - Bantuan untuk korban banjir terus berdatangan dari daerah di sekitar Provinsi Kalimantan Selatan. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah misalnya, selain terus mengirimkan bantuan, mereka juga mendorong pemerintah kabupaten dan kota untuk ikut memberikan bantuan.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri juga meinta partisipasi pihak lain untuk turut berpartisipasi membantu penanganan bencana banjir di wilayah Kalimantan Selatan.

“Selain mengirimkan tim maupun bantuan dari pemprov, kami juga mendorong pemerintah kabupaten dan kota di Kalteng bisa berpartisipasi membantu penanganan bencana banjir di Kalsel,” kata Fahrizal dikutip dari Antara, Minggu (17/1/2021).

Fahrizal menekankan upaya pemberian bantuan harus diprioritaskan dari daerah yang berbatasan langsung dengan Kalsel. Menurutnya saat ini pemprov telah menerima laporan bahwa sejumlah tim dari kabupaten mulai bergerak menuju Kalsel, baik dari Barito Utara hingga Kotawaringin Timur.

“Tentu ini sebagai bentuk kepedulian untuk membantu saudara-saudara kita yang berada di Kalsel, agar bisa kembali pulih,” ungkapnya.

Bantuan-bantuan yang dikirimkan tersebut merupakan bantuan kebutuhan dasar agar masyarakat korban bencana banjir di Kalsel tidak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Fahrizal menambahkan, jika nantinya masih diperlukan dukungan berupa bantuan lainnya, baik logistik maupun tambahan personel, pihaknya akan segera mengupayakan bantuan tersebut.

Bencana banjir melanda sejumlah daerah di wilayah Kalimantan Selatan, baik Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, Barabai dan lainnya.

Kalteng telah mengirimkan bantuan logistik berupa sembako dan sandang sebanyak 2.300 paket, dua unit dapur umum, air bersih hingga akan mendirikan posko untuk memudahkan koordinasi disana.

Sebelum diberangkatkan menuju Kalsel, tim maupun bantuan tersebut terlebih dulu dikumpulkan di Kantor Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) Kalteng yang berada di Jalan Tjilik Riwut, Palangka Raya.

Setelah dilakukan pengecekan oleh Sekda Fahrizal Fitri bersama Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kalteng Darliansjah dan jajaran, maka tim dan bantuan tersebut diberangkatkan langsung menuju Kalsel, sesuai titik tuju yang telah ditentukan sebelumnya.

Simak juga video pilihan berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.