Waspada, Banjir Mulai Menyapa Semarang

Oleh Liputan6.com pada 18 Jan 2021, 09:29 WIB
Diperbarui 18 Jan 2021, 09:29 WIB
banjir meteseh
Perbesar
Banjir menggenangi perumahan Dinar Semarang hingga sepinggang orng dewasa. (foto : Liputan6.com/Septi Nur Eka Mafiroh/edhie prayitno ige)

Liputan6.com, Semarang - Daerah sekitar perumahan Puri Dinar Mas kembali terendam banjir. Penyebabnya hujan deras di daerah Ungaran dan sebagian Semarang mengakibatkan sungai Pengkol meluap. Akibatnya Perumahan klaster Dinar Indah RW 26 Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang, banjir.

Genangan banjir sempat mencapai ketinggian pinggang orang dewasa. Beberapa platform media sosial juga memuat foto-foto dan video banjir tersebut.

Banjir menyebabkan listrik dipadamkan agar tak berbahaya. Arus air sangat deras sehingga ada perabotan rumah tangga yang hanyut.

Kapolsek Tembalang, Kompol Mas'ud menuturkan banjir di Perumahan Puri Dinar Indah berasal dari luapan sungai Pengkol dimana hulu sungai berada di wilayah Ungaran Kabupaten Semarang.

Saat itu wilayah Ungaran hujan lebih, sehingga debit air di sungai tersebut dan memasuki rumah warga.

" Air di sungai Pengkol meluap dan memasuki perumahan Dinar," kata Mas’ud.

Menurut Kapolsek Tembalang, ketinggian air saat puncak banjir mencapai sepinggang orang dewasa.

“Bersama petugas SAR gabungan kami dan para relawan membantu warga mengungsi di tempat yang lebih aman di Masjid perumahan tersebut,” kata Kapolsek.

Banjir ini sebenarnya tak lama. Sekitar pukul 20.00 banjir mulai surut. Apalagi hujan di wilayah Ungaran sudah mulai reda.

Sementara itu, Nasrul Umam, Kepala Satuan Koordinasi Banser Rayon Kecamatan Tembalang Kota Semarang mengatakan pihaknya telah menerjunkan 10 pasukan dan membantu mengevakuasi korban banjir yang rumahnya tenggelam. (Septi Nur Eka Mafiroh)

 

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓