Sukses

Bantuan dari Sulsel untuk Warga Terdampak Gempa di Sulbar

Gubernur Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, Kapolda Sulsel hinga Lantamal VI turun tangan menyalurkan bantuan untuk warga terdampak gempa di Sulawesi Barat.

Liputan6.com, Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah, bersama Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka dan Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam, mengecek langsung keadaan gempa yang menimpa Sulawesi Barat (Sulbar). Sebelumnya, terjadi gempa di Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat dengan Magnitudo 6,2 SR yang mengakibatkan sejumlah bangunan rusak parah. 

"Gempa bumi yang terjadi di Sulbar mudah-mudahan pemerintah, gubernur dan jajaran di sana diberikan kekuatan untuk bisa menyelamatkan. Insyaallah kita akan bersama-sama menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di Sulbar," ungkap Nurdin Abdullah, Jumat (15/1/2021).

Nurdin mengaku bahwa dirinya sejauh ini telah berkoordinasi dengan pihak Telkom dan PLN untuk segera turun melihat dan memperbaiki kondisi jaringan maupun aliran listrik pasca gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 6.2 SR di Sulbar.

"Saya dengan Pangdam dan Kapolda melihat apa kira-kira yang bisa kita dorong. Danlantamal tadi saya sudah koordinasi untuk mengirim armada karena jalanan putus. Saya sudah kirim banyak sembako, saya sudah koordinasi dengan Telkom supaya segera mengecek jaringan disana, saya juga koordinasi dengan PLN untuk segera membenahi aliran listrik yang ada di sana," jelasnya.

Untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel sendiri, sementara dipersiapkan apa saja kebutuhan yang mendesak yang dibutuhkan masyarakat di Sulbar yang terdampak gempa.

"BPBD Sulsel sekarang kita persiapkan, makanya kita mau kesana mengecek apa saja kebutuhan yang mendesak yang kira-kira kita segera siapkan," tutupnya

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.