Sukses

26 Ribu Tenaga Kesehatan di Bandung Dapat Vaksin Covid-19, Begini Alur Penyuntikan

Vaksinasi Covid-19 tahap awal di Bandung akan berlangsung hingga April mendatang.

Liputan6.com, Bandung - Kota Bandung telah memulai vaksinasi Covid-19 pada Kamis (14/1/2021). Vaksinasi tahap awal akan berlangsung hingga April mendatang.

Di tahap ini, ada sekitar 26.000 calon penerima vaksin yang telah terdaftar di Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK). Sasaran vaksin kali ini merupakan tenaga kesehatan dan tenaga penunjang di fasilitas kesehatan yang ada di wilayah Kota Bandung.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanegara menjelaskan prosesnya adalah sebagai berikut. Pertama, penerima vaksin adalah masyarakat yang telah terdaftar dan telah diberikan SMS oleh Kementerian Kesehatan.

"Masyarakat nanti pun tidak dapat mendaftar secara manual. Semuanya terhubung kepada sistem yang dimiliki Kemenkes RI," kaya Ahyani dalam keterangannya, Jumat (15/1/2021).

"Seperti saya yang mendapatkan panggilan vaksin dari Kementerian Kesehatan melalui SMS. Nantinya, semua warga masyarakat juga akan mendapatkan SMS yang sama dari nomor 119," ujarnya menambahkan.

Ahyani menjelaskan, setelah memperoleh SMS, calon penerima vaksin harus mendaftar ulang dengan cara mengklik tautan yang diberikan di dalam SMS tersebut. Hal itu agar dapat memastikan pemilihan waktu dan tempat fasilitas kesehatan yang terdekat dengan wilayah tempat tinggal.

Kedua, penerima vaksin yang telah terdaftar wajib membawa KTP atau kartu identitas untuk datang ke fasilitas kesehatan dengan waktu yang telah ditentukan. Selanjutnya, penerima vaksin akan melalui beberapa tahap pengecekan serta penapisan atau screening pada saat proses vaksinasi.

Menurut Ahyani, ada beberapa meja yang menjadi screening awal bagi para penerima vaksin Covid-19. Di meja pertama setiap penerima vaksin akan dipastikan data dirinya sama seperti yang telah terdaftar melalui sistem Kemenkes dengan melampirkan bukti SMS dan data diri.

Di meja kedua, setiap calon penerima vaksin akan melakukan konsultasi terkait dengan kondisi kesehatan, rekam jejak penyakit. Lalu, petugas akan bertanya seputar kondisi dari calon penerima vaksin.

Jika layak maka akan dilanjutkan untuk proses penyuntikan di meja ketiga dan jika tidak layak disuntik vaksin maka prosesnya akan ditunda. Meja ketiga adalah proses penyuntikan vaksin.

Sedangkan meja keempat, untuk konsultasi Informasi dan edukasi (KIE). Setelah itu diobservasi selama 30 menit. Jika tidak terjadi hal-hal tertentu, maka orang yang divaksin akan menerima sertifikat.

Setelah menerima vaksin, tetap jaga protokol kesehatan, dan kembali untuk melakukan vaksin kedua setelah 2 minggu atau 14 hari dari penyuntikan vaksin pertama.

"Setiap orang yang telah menerima vaksin harus tetap memperhatikan dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Nanti setelah 2 minggu harus kembali untuk mendapatkan dosis kedua dari vaksin Covid-19 agar efek dari vaksin ini maksimal," tutur Ahyani.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.