Sukses

Ariel NOAH Mengaku Pegal Usai Beberapa Jam Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac

Nazril Irham atau Ariel NOAH mengaku, bahunya mulai terasa pegal setelah sekitar 5-6 jam disuntik vaksin Covid-19.

Liputan6.com, Bandung - Nazril Irham atau Ariel NOAH mengaku, bahunya mulai terasa pegal setelah sekitar 5-6 jam sejak proses penyuntikan vaksin Covid-19 Sinovac yang dijalani di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA), Kota Bandung, Kamis (14/1/2021).

Hal tersebut diakui Ariel dalam unggahan story di akun instagramnya, yang diunggah hari ini, sekitar pukul 17.00 WIB. "Tadi vaksin jam 10 pagi, sekarang jam 4 (sore) kurang. Yang gue rasain pegel. Pegel itu baru mulai kerasa di bekas suntikannya," katanya.

Diketahui, Ariel Noah telah menjalani vaksinasi Ariel disuntik di bahu sebelah kirinya. Dirinya salah satu dari 10 orang yang menjadi pioner vaksinasi di Kota Bandung. Adapun, proses penyuntikan Ariel Noah disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Dalam video singkatnya itu, Ariel Noah melanjutkan, pegal hanya terasa secara lokal di area bahu kirinya yang disuntik. Efek itu sebelumnya tak dirasakan saat ia menjalani penyuntikan di rumah sakit.

"Cuma di situ doang, bukan pegel badan. Kayak efek pegel bekas disuntik aja. Pas pertama disuntik gak kerasa, sekarang jam seginian baru kerasa," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan, nyeri pegal secara lokal memang bagian dari efek samping vaksinasi. Kedati demikian, yang dirasakan Ariel Noah itu tergolong efek samping yang ringan.

Ahyani melanjutkan, efek samping yang tergolong cukup berat adalah seperti lemas dan pusing. Namun, berdasarkan penelitian, sebagaimana disampaikan Ahyani, kondisi itu termasuk langka.

"Efek samping vaksin Covid-19 ini, dari penelitian, sangat ringan misalnya hanya di lokal saja, nyeri, pegal dan ruam," ungkap Ahyani disela-seka vaksinasi di RSKI, Kota Bandung, Kamis (14/1/2020).

"Bila ada yang agak berat itu yang lemes atau pusing, itu hanya satu per 100.000 atau berapa, jadi memang efek sampingnya tidak berat," tandasnya. 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.