Sukses

13 Pejabat Sulbar Siap Disuntik Vaksin Covid-19, Kok Tak Ada Nama Gubernur dan Wagub?

Dalam daftar itu, terdapat 13 nama pejabat yang diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang didominasi oleh kepala OPD di lingkup Pemprov Sulawesi Barat.

Liputan6.com, Mamuju - Satgas Penanganan Covid-19 Sulawesi Barat mengungkap sejumlah nama yang digadang-gadang akan menerima vaksin Covid-19 Sinovac perdana di Sulbar pada hari ini, Jumat, 15 Januari 2021. Dalam daftar itu, terdapat 13 nama pejabat yang diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menerima vaksin pertama kali di Sulbar.

Daftar itu tidak didominasi nama-nama pejabat penting semisal gubernur, wakil wubernur, ketua DPRD, atau pimpinan instansi vertikal lainnya yang ada di Sulawesi Barat. Danrem 142 Taroada Tarogau, Brigjen TNI Firman Dahlam menjadi satu-satunya pimpinan instansi vertikal yang ada di dalam daftar yang didominasi Kepala OPD di lingkup Pemprov Sulawesi Barat itu.

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Barat, dr Muhammad Alif Satria mengatakan, waktu singkat untuk mengajukan sejumlah nama ke Kemendagri, membuat mereka hanya mendaftarkan sejumlah pejabat yang siap dan bersedia menjadi orang pertama yang menerima vaksin Covid-19 saat itu.

"Kebetulah hari itu, kita hanya membutuhkan setengah hari untuk segera lapor ke Jakarta, jadi yang ada saat itu dan siap, itu yang kita ajukan. Ada juga pejabat yang tidak masuk kriteria," kata Alif kepada wartawan, Rabu (13/01/2021).

Sedangkan, juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi mengatakan, tidak masuknya nama Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar ke dalam daftar penerima vaksin Covid-19, karena usianya sudah melewati batas usia yang ditentukan untuk bisa menerima vaksin Covid-19 Sinovac.

"Guhernur usianya sudah 61 tahun, jadi tidak bisa menerima vaksin. Untuk wakil gubernur sudah pernah terpapar Covid-19," ujar Safaruddin.

Adapun daftar nama 13 pejabat yang siap menerima vaksin Covid-19 Sinovac pertama kali, yakni Danrem 142 Taroada Tarogau Brigjen TNI Firman Dahlan, Kabag Kerma Biro Operasi Polda Sulbar AKBP Muhammad Iqbal, Asisten I Pemprov Sulbar M Natsir, Kepala Dinas Kesehatan Sulbar dr Muhammad Alif Satria.

Kemudian, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulvar Prof Gufran Darma Dirawan, Kepala Dinas Pariwisata Sulbar Farid Wajdi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulbar Muh Hamzih, Kepala BPSDM Sulbar Yakub F Solon, Kepala Biro Hukum Pemprov Sulbar Arianto.

Selanjutnya, Kepala Biro Tata Pemerintahan Pemprov Sulbar Moh Saleh Rahim, Sekertaris DPRD Sulbar Abdul Wahan Hasan Sulur, Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUD Regional Sulbar dr Junardy Polopadang dan Ketua IDI Mamuju dr Muhammad Misbah.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.