Sukses

Heboh Rekahan Besar Muncul di Tanah Aceh, Bikin Resah Warga

Rekahan akibat pergeseran tanag muncul di kawasan permukiman warga di Desa Lamkleng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar.

Liputan6.com, Aceh Besar - Rekahan tanah dengan diameter besar muncul di kawasan permukiman warga di Desa Lamkleng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar.

"Terjadi pergerakan tanah di permukiman warga Aceh Besar," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar Farhan AP, Rabu (13/1/2021).

Farhan mengatakan pergeseran struktur tanah tersebut telah meresahkan warga setempat karena mulai mengancam ambruknya rumah masyarakat di sekitar lokasi.

Kata Farhan, berdasarkan keterangan yang diterima dari warga setempat, pergerakan tanah itu sudah terjadi sejak tiga hari lalu, Minggu (10/1) dan terus memanjang hingga hari ini.

"Pergeseran atau penurunan tanah yang menyerupai longsor tersebut semakin meluas dengan diameter 10 sampai 40 centi meter. Sehingga telah menimbulkan keresahan warga setempat," ujarnya.

Terkait peristiwa tersebut, kata Farhan, BPBD Aceh Besar sudah melakukan asesmen awal serta pendataan terhadap warga, dan dilakukan koordinasi dengan instansi terkait terhadap tindak lanjut penanganannya.

"Hasil monitoring di lokasi kejadian sudah diserahkan kepada pimpinan untuk dilakukan penanganan dini agar tidak menimbulkan kerugian material dan korban jiwa," ungkap Farhan.

Sampai berita ini dirilis belum diketahui pasti apa penyebab terjadinya pergerakan struktur tanah yang menyebabkan munculnya rekahan di Aceh Besar tersebut.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.