Sukses

VIDEO: SMK Komputama Pesahangan Dekatkan Teknologi ke Pegunungan Cilacap

Sejak awal didirikan, SMK Komputama Pesahangan, Cilacap, mengkolaborasikan teknologi dengan pendidikan agama untuk meningkatkan ketakwaan

Liputan6.com, Jakarta - Berdiri pada 2014, SMK Komputama Pesahangan berada di Desa Pesahangan, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Sekolah yang terintegrasi dengan Pondok Pesantren El Muslim ini memang sengaja didirikan di pedesaan untuk mendekatkan akses pendidikan sarat teknologi kepada masyarakat desa yang sebagian besar berkemampuan ekonomi terbatas.

Sebelum SMK Komputama Pesahangan berdiri, anak-anak Pesahangan dan sekitarnya harus turun ke kota, dengan jarak tempuh mencapai lebih dari 15 kilometer untuk bersekolah jenjang SMA atau SMK. Biaya transportasi dan akomodasi membuat sebagian anak tak melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Akhirnya banyak anak putus sekolah.

SMK Pesahangan menyediakan dua jurusan keahlian, yakni Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Teknis dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Peluang dua keahlian ini di masa depan sangat besar, menilik perkembangan dunia bisnis dan pasar kerja akhir-akhir ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.