Sukses

Melihat Kesiapan Vaksinasi Covid-19 di Cirebon

Vaksin covid-19 sudah tiba di Indonesia, sejumlah daerah melakukan berbagai kesiapan menyambut kedatangan vaksin tersebut.

Liputan6.com, Cirebon - Vaksin Covid-19 akan disalurkan secara bertahap di Cirebon, Jawa Barat.

Dari data yang didapat, jumlah vaksin yang akan disalurkan ke Kabupaten Cirebon sebanyak 1,5 juta dosis. Penyaluran dilakukan dalam dua tahap.

"Untuk tahap pertama akan diterima sebanyak 8.009 vaksin untuk ribuan Tenaga Kesehatan (Nakes) dulu," kata Bupati Cirebon Imron, Rabu (6/1/2021).

Dia menjelaskan, nakes lebih dulu mendapat vaksin karena memang garda terdepan penanganan pasien covid-19 dan rentan terpapar.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi Kabupaten Cirebon diperkirakan pada Februari mendatang.

"Saat vaksin belum datang dan kami lebih dulu lakukan simulasi agar ketika vaksin datang sudah sesuai dengan simulasi yang ada," ujar Imron.

Selain nakes, beberapa unsur lain yang dahulukan mendapatkan vaksin adalah anggota polisi, TNI, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Imron mengungkapkan, penyaluran vaksin akan prioritaskan warga yang berumur 18-59 tahun.

"Untuk masyarakat umum, ada sekitar 1,5 juta vaksin. Untuk Kabupaten Cirebon diperkirakan akan diberikan pada bulan April," ujar Imron.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vaksinasi di Puskesmas

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni mengatakan, warga yang disuntik vaksin akan bisa melindungi anak-anak dan lansia dari penularan covid-19.

Pelaksanaan vaksin sendiri, akan dilaksanakan di 75 fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Cirebon. Termasuk di antaranya, yaitu seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Cirebon.

"Ada 75 vaksinator. Setiap Puskesmas ada satu vaksinator," kata Eni.

Eni memastikan, bahwa seluruh fasilitas kesehatan yang ditunjuk siap untuk melaksanakan vaksinasi. Seluruh fasilitas yang dibutuhkan juga sudah tersedia, termasuk tempat penyimpan vaksin.

Sementara itu vaksin yang akan dikirim ke Kota Cirebon sebanyak 5.000 dosis. Namun, jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang mendaftar sebagai penerima vaksin masih kurang.

Kepala Dinkes Kota Cirebon Eddy Sugiarto mengatakan, vaksin tersebut, kemudian akan ditempatkan di lemari pendingin yang ada di ada setiap puskesmas. Eddy menyebutkan, dari 5.000 vaksin yang dialokasikan, baru 3.091 nakes mendaftar sebagai penerima vaksin.

"Ini seluruh nakes baik dari pemerintahan dan juga swasta," katanya, Selasa (5/1/2021).

Setelah datang, vaksin akan ditaruh ke dalam kulkas puskesmas di Kota Cirebon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.