Sukses

Waspada, Air Pasang hingga 3 Meter di Pesisir Batam

Pada Sabtu hingga pukul 01.00 WIB, ketinggian air pasang maksimum 2,6 meter, dan pada hari yang sama hingga pukul 12.00 WIB, ketinggian air bisa mencapai 3 meter.

Liputan6.com, Batam - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim Batam mengingatkan warga Kota Batam Kepulauan Riau akan potensi air pasang dengan tinggi maksimum di pesisir Batam mencapai tiga meter, hingga Sabtu (2/1/2021) siang.

"Berpotensi terjadi pasang tinggi maksimum di wilayah pesisir Batam," kata Forecasater BMKG Hang Nadim, Fauzan Lathif di Batam, dilansir Antara, Jumat, 1 Januari 2021.

Ia mengatakan pada Sabtu hingga pukul 01.00 WIB, ketinggian air pasang maksimum 2,6 meter, dan pada hari yang sama hingga pukul 12.00 WIB, ketinggian air bisa mencapai 3 meter.

"Air pasang tinggi maksimum dapat lebih tinggi dari potensial tersebut, mengingat akumulasi curah hujan lebat yang terjadi sejak siang 1 Januari 2021," kata dia.

Sementara itu, sebanyak empat unit rumah warga Kelurahan Tanjunguma, Kota Batam, Kepulauan Riau rusak ditabrak tongkang yang hanyut dari pelabuhan sekitar.

"Iya benar, rumah rusak, satu rusak berat, tiga rusak ringan," kata Lurah Tanjunguma Kecamatan Lubuk Baja, Syahril saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Kejadian yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB itu dipicu hujan deras disertai angin kencang dan gelombang laut yang tinggi, membuat tongkang hanyut dan bergerak ke pemukiman warga yang memang berdiri di atas laut.

Lurah mengatakan saat ini, warga yang menjadi rumahnya rusak sudah dievakuasi ke tetangga di sekitarnya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.