Sukses

Malam Tahun Baru, Satgas Covid-19 Gunungkidul Sterilisasi dan Razia Tempat Wisata

Malam Tahun Baru dimanfaatkan Satgas Covid-19 Gunungkidul untuk sterilisasi dan razia tempat wisata.

Liputan6.com, Gunungkidul - Pemerintah telah memutuskan membatasi jam operasional semua destinasi wisata pada malam Tahun Baru 2021. Demi mencegah kerumunan, semua destinasi wisata harus sudah tutup pukul 18.00 WIB, dan boleh buka kembali Jumat (1/1/2021) pukul 06.00 WIB.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono memastikan sudah tidak ada kerumunan lagi di destinasi wisata mulai pukul 18.00 WIB.

Pihaknya juga akan melarang ketika ada wisatawan yang akan menginap dengan cara berkemah. Seperti yang banyak dilakukan wisatawan saat liburan ke kawasan pantai Gunungkidul.

"Semua aktivitas pariwisata dihentikan. Tidak terkecuali sesuai surat edaran Bupati," tutur Hary, Kamis (31/12/2020).

Menurut Hary, surat edaran tersebut juga berlaku untuk Desa Wisata. Jika ada wisatawan yang akan menginap di homestay milik desa wisata maka tetap tidak diperkenankan. Bahkan yang sudah melakukan booking jauh hari sebelumnya maka diharapkan untuk membatalkannya.

Harry mengungkapkan, desa wisata yang rencananya akan menerima tamu di homestay adalah Sesa Wisata Nglanggeran namun karena ada Surat Edaran dari bupati maka akhirnya juga dibatalkan. Sehingga semua desa wisata juga tidak diperkenankan ada aktivitas wisata pada malam Tahun Baru.

"Ini demi untuk meminimalisir penyebaran Covid19," katanya.

Selain itu, Satgas Covi-19 juga akan menggelar razia dan sterilisasidi sejumlah tempat wisata.

Pegiat Desa Wisata Karangtengah Karangmojo, Hery Blangkon meski sedikit kecewa namun pihaknya tetap akan berusaha menaati surat edaran Bupati berkaitan dengan pembatasan jam operasional destinasi wisata. Menyikapi pembatasan tersebut justru mereka gunakan untuk melakukan upaya bersih-bersih.

"Kami ada dua obyek, rafting Kalioya Kembang Arum dan Gua Pari. Hari ini kami mulai bersih-bersih kawasan Gua Pari," ungkapnya.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.