Sukses

Rawan Penyebaran Virus Corona, Papua Barat Jadi Daerah Prioritas Vaksinasi Covid-19

Papua Barat menjadi salah satu dari 10 provinsi yang menjadi prioritas Program Vaksinasi Covid-19

Liputan6.com, Manokwari - Dari 10 provinsi yang menjadi prioritas pemerintah dalam pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19, Papua Barat menjadi salah satunya.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Papua Barat, Derek Ampnir, Kamis (31/12/2020) mengatakan, salah satu indikator daerah prioritas adalah tingginya tingkat kerawanan penyebaran virus Corona.

"Papua Barat masuk dalam kategori itu," katanya.

Selain Papua Barat, sembilan provinsi yang tergabung dalam daftar prioritas itu antara lain DKI Jakarta, Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, serta Papua.

Derek menjelaskan, vaksinasi Covid-19 yang dilakukan pemerintah pusat ini memprioritaskan sejumlah kelompok rentan seperti tenaga medis, tenaga pengajar juga TNI dan Polri.

Derek belum mengetahui kapan vaksinasi akan dilaksanakan. Saat ini dosis vaksin pun belum didistribusikan ke Papua Barat.

Menurut dia, Pemerintah Papua Barat siap mendukung anggaran untuk program tersebut, sehingga laju penularan Covid-19 di provinsi ini dapat ditekan.

"Anggaran tentu sangat penting untuk mendukung program ini. Akan disiapkan melalui APBD sesuai kemampuan daerah," ujarnya.

Sesuai data Satgas pada Rabu 30 Desember 2020 jumlah warga terpapar Covid-19 di Papua Barat tercatat mencapai 5.946 orang. Dari jumlah itu 5.414 diantaranya berhasil sembuh, 99 meninggal dunia dan 433 masih dalam perawatan.

"Angka kematian di Papua Barat 1,7 persen. Cukup rendah dibanding daerah lain, kita harus bersyukur," sebut Ampnir.

Ia pun mengajak warga dan seluruh pemangku kepentingan terus waspada dengan menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video piliha berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.