Sukses

Akhir Tragis Nasib Buaya yang Ditangkap di Laguna Segara Anakan Cilacap

Diketahui bahwa buaya tersebut dalam keadaan terluka

Liputan6.com, Cilacap - Penangkapan buaya di kawasan Laguna Segara Anakan, Cilacap, Jawa Tengah sempat viral di berbagai Medsos. Terlebih, predator perairan payau itu ditangkap dengan tangan kosong.

Buaya itu lantas dievakuasi ke rumah warga. Kemudian, warga yang tergabung dalam Masyarakat Mitra Polisi (MPP) Kehutanan "Pandu Nusa Buana Nusakambangan Timur" mengevakuasi buaya muara (Crocodylus porosus) dari perairan Segara Anakan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

 

"Evakuasi tersebut dilakukan berdasarkan informasi yang kami terima dari media sosial terkait dengan penemuan buaya di perairan Segara Anakan pada Kamis (24/12)," kata Koordinator MPP Kehutanan "Pandu Nusa Buana Nusakambangan Timur" Tarmuji di Cilacap, Jumat, dikutip Antara.

Menurut dia, pihaknya segera mencari kebenaran informasi tersebut hingga akhirnya mendapat kepastian dari Saman, warga Desa Grugu, Kecamatan Kawunganten, pada hari Kamis (24/12), pukul 18.00 WIB.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya segera berangkat ke Desa Grugu pada pukul 19.30 WIB guna mengevakuasi buaya tersebut.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buaya Mati karena Luka

"Kami tiba di Desa Glugu pada pukul 21.15 WIB dan langsung menuju tempat buaya tersebut diamankan," katanya menjelaskan.

Setelah dilakukan penggalian informasi dari warga, kata dia, diketahui bahwa buaya tersebut dalam keadaan terluka.

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan pihaknya segera mengevakuasi buaya tersebut ke Klinik Hewan drh Sadewa agar mendapatkan pertolongan pertama.

"Akan tetapi berdasarkan hasil pemeriksaan diketahui bahwa buaya tersebut telah mati. Diperkirakan matinya sekitar pukul 17.00 WIB," katanya.

Tarmuji mengatakan bangkai buaya tersebut selanjutnya diamankan lebih dulu di Kantor Resor Konservasi Wilayah 2 Cilacap Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSD) Provinsi Jawa Tengah sebelum dikubur pada Jumat (25/12) ini.

"Siang ini (25/12) bangkai buaya tersebut dikubur di Pantai Teluk Penyu, Cilacap," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.