Sukses

Hasil Penelusuran Penularan Covid-19 pada Bayi Usia 1 Tahun di Nunukan

Humas Satgas Penanganan Covid-19 Nunukan membenarkan adanya satu pasien positif yang masih berusia satu tahun berdasarkan hasil pemeriksaan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya yang diterima pada Kamis (24/12/2020).

Liputan6.com, Nunukan - Seorang anak berusia bawah lima tahun (balita) atau masih setahun dinyatakan positif Covid-19 oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara, akibat kontak erat dengan pasien positif lainnya.

Humas Satgas Penanganan Covid-19 Nunukan Hasan Basri, membenarkan adanya satu pasien positif yang masih berusia satu tahun berdasarkan hasil pemeriksaan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya yang diterima pada Kamis (24/12/2020).

Pasien usia balita ini, diberi kode NNK#202 jenis kelamin laki-laki beralamat di Jalan Pasar Kamis Desa Ajikuning Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan. Balita ini kontak erat dengan pasien NNK#143 dan NNK#144. Bersamaan dengan balita ini, terdapat 16 sampel swab lainnya yang dinyatakan positif.

"Pada Kamis itu ada tambahan pasien positif sebanyak 17 orang termasuk balita ini sehingga totalnya sebanyak 89 orang," sebut Hasan, dilansir Antara, Jumat (25/12/2020).

Dua orang dinyatakan sembuh dan tiga meninggal dunia. Kemudian, ada tambahan lagi sebanyak 25 orang yang positif Covid-19 pada Jumat (25/12/2020) sehingga total pasien yang dirawat berjumlah 98 orang. Ada tambahan sembuh sebanyak 16 orang, dan empat meninggal dunia.

"Jadi total pasien positif Covid-19 di Nunukan sebanyak 240 orang dan 138 orang dinyatakan sudah sembuh," tuturnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Terkini

Dari 98 pasien positif ini menyebar pada tujuh kecamatan yakni Kecamatan Nunukan sebanyak 64 orang dan suspek 18 orang, Nunukan Selatan berjumlah 20 orang dengan suspek (7), Sebatik satu orang positif dan tiga orang suspect.

Kecamatan Sebatik Timur sebanyak tiga orang positif dan tiga orang suspect, Sebatik Utara sebanyak empat positif dan delapan suspek, Sebatik Tengah (5 positif), dan Sebatik Barat dua orang suspect dan satu positif.

Hasan menambahkan sebanyak 125 hasil pemeriksaan PCR yang dikirim pada 20 Desember 2020 ke BBLK Surabaya terdiri 14 orang follow up pengobatan dan 111 orang diagnosis.

Meningkatnya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Nunukan setiap hari, Hasan mengimbau kepada semua kontak erat kasus konfirmasi positif, agar selalu disiplin dan taat menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Terhitung dari tanggal kontak dan segera menghubungi Puskesmas terdekat apabila muncul keluhan ataupun salah satu gejala ISPA seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan sesak nafas.

"Kami dari Satgas Penanganan Covid-19 mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Nunukan untuk selalu taat dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan, kondisi di lapangan masih sangat dinamis, masih memungkinkan terjadinya penularan di masyarakat," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.