Sukses

Wisata ke Wilayah Banten Saat Libur Natal dan Tahun Baru, Cek Rekayasa Lalu Lintasnya

Jelang libur Natal, akan ada rekayasa arus lalu lintas di sejumlah titik di wilayah Banten, seperti Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, hingga ruas tol Tangerang-Merak.

Liputan6.com, Serang - Jelang libur Natal, akan ada rekayasa arus lalu lintas di sejumlah titik di wilayah Banten, seperti Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, hingga ruas tol Tangerang-Merak.

Khusus di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, diprediksi puncak penyeberangan libur Natal terjadi pada 23-24 Desember 2020. Pihak kepolisian sudah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas, jika terjadi penumpukkan kendaraan di dalam pelabuhan dan mengular hingga ke jalan arteri.

Jika di dalam Pelabuhan Merak padat, maka Jalan Cikuasa Atas akan dijadikan kantung parkir kendaraan roda empat atau lebih.

"Kendaraan yang keluar dari Pelabuhan Merak, bisa melalui jalan Cikuasa Bawah, kemudian masuk Gerbang Tol (GT) Merak dan GT Cilegon Barat," kata Kasatlantas Polres Cilegon, AKP Ali Rahman, Selasa (22/12/2020).

Sedangkan, rekayasa arus lalu lintas menuju lokasi wisata, seperti Anyer hingga Carita yang melewati Kota Cilegon, akan diberlakukan one way atau satu arah. Kendaraan yang akan pergi berwisata, akan terkena one way pada pagi hari, pukul 08.00 WIB. Kemudian sore harinya, saat wisatawan pulang, one way diberlakukan mulai pukul 16.00 WIB.

"Ada one way panjang dan one way pendek. One way panjang berlaku sejak pertigaan Ciwandan hingga Hotel Mandalika. Tapi semua diberlakukan secara kondisional, melihat situasi di lapangan. Pagi kendaraan kita tarik masuk ke Anyer, sore hari kita tarik kendaraan pulang," jelasnya.

Kemudian di Kabupaten Lebak, lokasi yang menjadi perhatian pengaturan arus lalu lintas ada di Cipanas, yang berbatasan dengan Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar) dan jalan wisata di Negeri di Atas Awan, yang sempat viral di media sosial (medsos).

"Ada pospam di Negeri di Atas Awan, yang diisi personel Polsek Cibeber dan Polsek Sobang," kata Kasatlantas Polres Lebak, AKP Tri Wilarno, Selasa (22/12/2020).

Kemudian rekayasa arus lalu lintas di perbatasan Kabupaten Serang dengan Kabupaten Tangerang, akan dilakukan situasional. Terutama di Cikande Asem, yang merupakan akses dari Kabupaten Tangerang, menuju Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, Kota Serang, dan menuju Kota Cilegon.

"Sejauh ini belum ada rekayasa. Jika memang padat, baru dilakukan rekayasa," kata Iptu Robby Rachman, Selasa (22/12/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lalu Lintas di Tol Tangerang-Merak

Khusus di jalan tol Tangerang-Merak (Tamer), keterisian rest area atau tempat istirahat hanya boleh diisi 50 persen dari kapasitas maksimumnya. Sehingga bisa menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Kepala (Ka) Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Ciujung Korlantas Polri, AKP Denny Catur Wardhana, mengimbau pengemudi untuk mengecek kendaraan sebelum bepergian, agar kondisi mobil tetap prima.

Kemudian, tidak melajukan mobilnya melebihi batas kecepatan. Selanjutnya, tetap memperhatikan rambu jalan dan jika lelah, bisa beristirahat. Jika hujan turun, maka disarankan mengurangi kecepatan lajur kendaraan dan menyalakan lampu utama.

"Kapasitas rest area maksimal hanya 50 persen, karena masih pandemi (covid-19). Untuk pengalihan arus, dikeluarkan di gerbang tol sebelumnya. Kita akan sosialisasikan bekerjasama dengan pengelola tol," kata Denny, Selasa (22/12/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.