Sukses

Awas, Covid-19 Klaster Pilkades Serentak di Jabar

Jumlah pemilih dalam satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibatasi guna mencegah hadirnya kerumunan.

Liputan6.com, Bandung - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan ketat saat pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2020. Ia pun berharap pelaksanaan Pilkades Serentak di Jabar tak memunculkan klaster baru Covid-19.

"Protokol kesehatan yang saya pantau secara kasat mata ini dilaksanakan dengan baik. Kemudian tegasnya pihak aparat, terutama TNI dalam mengingatkan jaga jarak, cuci tangan, pakai masker, selalu disampaikan, ini juga merupakan sebuah kebanggaan bagi kami," kata Uu usai meninjau Pilkades di Desa Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Minggu (20/12/2020).

Uu melaporkan, berdasarkan hasil pemantauan dalam Pilkades tahun ini, pembagian waktu pemilihan dilakukan. Selain itu, jumlah pemilih dalam satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibatasi guna mencegah hadirnya kerumunan.

"Harapan kami, Pilkades dilaksanakan aman, damai dan sehat, mudah-mudahan bisa terlaksana, sehingga saat Pilkades selesai tidak ada klaster (penularan Covid-19) baru," ucap dia.

Uu pun berpesan kepada kepala desa terpilih untuk memberikan pelayanan prima dan mengakselerasi pembangunan di desanya.

"Harapan kami kepada para kepala desa yang terpilih, jadilah pemimpin yang menjadi pengayom masyarakat. Dalam membuat keputusan, harus mengutamakan kebijaksanaan," katanya.

Uu juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang menyukseskan Pilkades Serentak 2020 di Jabar. Mulai dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sampai pemerintah kabupaten/kota.

"Biasanya yang namanya Pilkades ini domainnya adalah pemerintah kabupaten/kota. Tapi, sekarang karena rasa cinta dan rasa sayang termasuk perhatian pemerintah pusat, Pilkades pun dipantau," ujarnya.

Adapun daerah yang menggelar Pilkades Serentak 2020 di Jabar, yakni Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Sumedang.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.