Sukses

Jalur Medan-Berastagi Diberlakukan Buka Tutup Akibat Longsor

Longsor kembali terjadi di perlintasan Kota Medan menuju Berastagi, Sumatera Utara (Sumut). Kali ini longsor terjadi di Jalan Jamin Ginting, ‎Km 59-60, tepatnya di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura), Kabupaten Karo.

Liputan6.com, Medan Longsor kembali terjadi di perlintasan Kota Medan menuju Berastagi, Sumatera Utara (Sumut). Kali ini longsor terjadi di Jalan Jamin Ginting, ‎Km 59-60, tepatnya di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura), Kabupaten Karo.

Informasi diperoleh Liputan6.com, longsor terjadi Jumat (18/12/2020) sekitar pukul 18.30 WIB. Akibat peristiwa itu, arus lalu lintas dari Kota Medan menuju Berastagi, begitu juga sebaliknya macet total.

"Terjadi tanah longsor jalur Medan-Berastagi. Korban jiwa dan materi nihil," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Natanail Perangin-angin.

Dijelaskannya, kemacetan lalu lintas Medan-Berastagi terjadi akibat jalan tertutup material tanah longsor. Saat ini petugas Kepolisian Lalu Lintas (Polantas) Polres Karo ekstra keras mengatur dan mengurai kecamatan.

"Arus lalu lintas di sekitar lokasi longsor dilakukan sistem buka tutup," jelasnya.

Disebutkan Natanail, terkait longsor tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo sudah menurunkan alat berat. BPBD Karo juga turut membantu pihak kepolisian melakukan pembersihan material longsor.

"Masih dalam tahap pembersihan material longsor," Natanail menandaskan.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Kali Pertama

Longsor yang terjadi di lintas Kota Medan menuju Berastagi juga terjadi pada Jumat, 4 Desember 2020. Tepatnya, longsor terjadi di kawasan Desa Lau Kaban, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.

Saat itu longsor terjadi di 4 titik. Akibat bencana longsor, akses jalan dari Medan menuju Berastagi, begitu juga sebaliknya sempat putus total akibat material longsor yang menutupi badan jalan.

Seorang personel kepolisian Satuan Lalu Lintas (Satlantas) di lokasi longsor, Bripka Tomson Butar-Butar mengatakan, longsor terjadi dini hari. Sejumlah mobil yang melintas sempat tertimpa material longsor.

"Seorang pengemudi truk meninggal dunia akibat tertimpa material longsor di kawasan Lau Kaban, Sibolangit," kata Bripka Tomson Butar-Butar.

Pada saat itu, kemacetan panjang akibat longsor sempat terjadi sejauh 5 Kilometer (Km). Kemacetan terjadi karena akses jalan sama sekali tidak dapat dilalui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.