Sukses

Dampak Covid-19, Jumlah Penumpang di Bandara Manado Turun 59 Persen

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus ET Gandeguai mengatakan, selama periode Januari hingga November 2020, Bandara Sam Ratulangi Manado telah melayani sebanyak 832.153 penumpang.

Liputan6.com, Manado - Posko Terpadu Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020/2021 kembali dilaksanakan di Bandara Sam Ratulangi Manado. Meski masih dalam masa pandemi Covid-19, namun Posko Terpadu Nataru ini tetap dibuat dan diresmikan, pada Jumat (18/12/2020).

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus ET Gandeguai mengatakan, selama periode Januari hingga November 2020, Bandara Sam Ratulangi Manado telah melayani sebanyak 832.153 penumpang. Angka ini mengalami penurunan sekitar 59 % dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 2.022.842 penumpang.

“Selama periode Posko Nataru 2020/2021 diproyeksikan akan terjadi penurunan jumlah penumpang mencapai 60 persen, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu di mana pergerakan penumpang mencapai 123 ribu,” ujarnya.

Dia mengatakan, hal itu jangan sampai menyurutkan semangat untuk kelancaran pelayanan udara selama periode Natal dan Tahun Baru ini.

Tercatat sebanyak 34 personel gabungan yang terlibat dalam Posko Terpadu Nataru kali ini. Tidak seperti tahun sebelumnya, yang melibatkan banyak pihak eksternal, kali ini selain internal PT Angkasa Pura I (Persero), personel eksternal yang akan bergabung di antaranya Otoritas Bandara Wilayah VIII Manado, Karantina Kesehatan Pelabuhan, serta BKO TNI/Polri. Pelaksanaan Posko Nataru akan berlangsung selama 18 hari, sejak tanggal 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

“Melalui pembentukan posko terpadu Nataru ini diharapkan agar arus Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Sulut khususnya yang melalui Bandara Sam Ratulangi Manado dapat berjalan dengan aman, nyaman dan lancar,” ujar Minggus.

Dia juga berpesan kepada seluruh personil yang bertugas untuk selalu peka terhadap situasi yang ada, yang bukan hanya bertugas menjaga posko namun juga harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengguna jasa di bandara ini.

“Pengunjung Bandara Sam Ratulangi Manado harus tetap menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak, menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan,” ujar Minggus.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.