Sukses

Jadi Calon Pusat Wisata Baru, Pagar Jembatan Pesona Ogan Ilir Malah Dicuri

Besi pagar di Jembatan Pesona Tanjung Senai Kabupaten Ogan Ilir Sumsel hilang dicuri oleh oknum tak bertanggungjawab.

Liputan6.com, Palembang - Jembatan Pesona di Tanjung Senai Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan (Sumsel), direncanakan akan menjadi pusat wisata baru usai pembangunan rampung.

Namun sayangnya, target Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir Sumsel tersebut terpaksa tertunda. Pasalnya, pagar yang baru saja dipasang di jembatan tersebut tiba-tiba hilang dicuri.

Bahkan, hampir sebagian dari pagar besi di kedua sisi Jembatan Pesona Ogan Ilir tersebut, sudah hilang.

Menurut warga Ogan Ilir Anto, dia melihat sendiri besi pagar jembatan masih lengkap pada Kamis (17/12/2020) malam ketika melewati kawasan jembatan itu.

"Semalam saya lewat jembatan, tapi masih ada besi pagarnya. masih ada. Tapi pada Jumat pagi lewat jembatan ini, sudah banyak yang hilang,” ujarnya, Jumat (18/12/2020).

Pencurian besi pagar jembatan tersebut, bukan menjadi kasus baru di masyarakat Ogan Ilir Sumsel. Karena sebelumnya, sudah beberapa kali pilar besi pagar jembatan itu yang hilang.

Namun baru kali ini, pagar besi Jembatan Pesona Ogan Ilir tersebut hilang dalam jumlah yang banyak.

Mendengar informasi pencurian pagar jembatan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ogan Ilir, langsung ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan memperbaiki kerusakan.

Kepala Dinas PUPR Ogan Ilir Juni Eddy mengatakan, dugaan perusakan dan pencurian besi pagar Jembatan Pesona tersebut, sudah disampaikan tim Satpol PP Ogan Ilir Sumsel.

Bahkan di TKP, anggota Satpol-PP Ogan Ilir menemukan pagar besi yang sudah dilepaskan dari jembatan namun belum sempat dibawa kabur pelaku.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemasangan Besi Pagar

"Saya sudah instruksikan petugas untuk mengelas pagar jembatan tersebut dan diperkuat lagi. Bagian yang hilang, akan segera diganti sehingga pagar jembatan kembali tegak,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya pencurian lagi, dia menginstruksikan timnya untuk memasang pagar jembatan tidak menggunakan baut. Namun langsung dilas, agar tidak bisa dilepaskan dan dicuri lagi.

Juni menambahkan, Dinas PUPR Ogan Ilir juga sudah melaporkan dugaan pencurian tersebut ke Polres Ogan Ilir. Dia berharap kepada seluruh warga Ogan Ilir, untuk bersama-sama melakukan pengawasan dan perawatan.

"Mari kita jaga sama-sama fasilitas ini karena kita lah yang menikmatinya," katanya.

3 dari 3 halaman

Belasan Pagar Hilang

Ditambahkan Kasi Ops Satpol PP Ogan Ilir Ardani, ada sekitar 35 meter panjang besi yang hilang dan dicuri oleh oknum tak bertanggungjawab.

"Kami masih memperbaiki pagar jembatan ini karena ada potongan besi yang lepas dan tidak hilang. Kalau yang hilang itu kebanyakan pilar pagar, kira-kira ada 12 batang yang hilang," ungkapnya.

Dia mengimbau kepada warga maupun wisatawan yang mengunjungi Tanjung Senai, agar sementara waktu tidak mendekat ke Jembatan Pesona.

"Selama perbaikan, warga jangan dulu mendekat atau berdiri di sisi jembatan. Dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjatuh ke air," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.