Sukses

Profesi Ini Paling Sering Mencairkan JHT di BPJamsostek Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19

BPJamsostek Yogyakarta mencatat selama pandemi Covid-19 terdapat peningkatan klaim pencairan jaminan hari tua (JHT).

Liputan6.com, Yogyakarta- BPJamsostek Yogyakarta mencatat selama pandemi Covid-19 terdapat peningkatan klaim pencairan jaminan hari tua (JHT). Tidak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 juga menyebabkan tenaga kerja di Yogyakarta terdampak.

Menurut Kepala Cabang BPJamsostek Yogyakarta Asri Basir, jumlah klaim pencarian pada tahun ini meningkat 20 sampai 25 persen ketimbang 2019. Total pencarian dari berbagai program jaminan mencapai Rp 356 miliar dari 39.000 kasus.

“Karena Yogyakarta kota pariwisata jadi kebanyakan yang terdampak adalah pekerja hotel dan bidang pariwisata,” ujarnya dalam media gathering di Yogyakarta, Kamis (17/12/2020).

Asri juga mengungkapkan capaian kinerja BPJamsostek Yogyakarta, salah satunya dalam hal partisipasi peserta, selama pandemi Covid-19 sempat mengalami penurunan sekitar 70 smapai 80 persen.

Meskipun demikian, tingkat partisipasi peserta menunjukkan peningkatan dalam tiga bulan terakhir, yakni 90 persen. Mulai banyak perusahaan yang kembali mendaftarkan tenaga kerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Asri menuturkan pelayanan yang diberikan kepada peserta BPJamsostek di Yogyakarta tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 dan tidak ada kontak fisik.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.