Siap Melayani Masyarakat Sepenuh Hati, Gedung Baru Polda Riau Resmi Digunakan

Oleh syukur pada 19 Des 2020, 01:00 WIB
Diperbarui 19 Des 2020, 07:56 WIB
Kepala Polda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi dalam peresmian gedung Polda Riau baru di Jalan Pattimura Pekanbaru.
Perbesar
Kepala Polda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi dalam peresmian gedung Polda Riau baru di Jalan Pattimura Pekanbaru. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Wakil Kapolri Komisaris Jenderal Gatot Eddy Promono meresmikan gedung baru Polda Riau di Jalan Pattimura Pekanbaru. Markas di atas lahan 5,9 hektare ini menggantikan gedung lama di Jalan Jenderal Sudirman.

Peresmian gedung baru Polda Riau ini dilakukan secara virtual oleh Gatot. Setiap tamu undangan diperiksa suhu tubuhnya dan diwajibkan memakai masker untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Undangan juga terbatas untuk menghindari adanya kerumunan. Sesuai dengan protokol kesehatan, duduk antara tamu satu dengan lainnya dibuat berjarak hingga satu meter.

Gatot secara virtual mengatakan, sedianya peresmian gedung baru Polda Riau dilakukan Kapolri Idham Aziz. Namun karena acara lain, persemian dilakukan oleh dirinya melalui video conference disaksikan Kepala Polda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi.

Sebagai pria yang lahir di Pekanbaru, Gatot mengucapkan terimakasih kepada semua pihak sehingga pembangunan sejak tahun 2018 ini selesai. Dia pun berharap gedung baru ini memaksimalkan tugas kepolisian dalam melayani masyarakat.

Sementara itu, Irjen Agung menceritakan, gedung Polda Riau lama dibangun sejak tahun 1959 di atas tanah 0,79 hektare. Dalam perkembangannya, gedung di jantung Kota Pekanbaru itu kian berkurang kapasitasnya melayani masyarakat.

Melihat itu, lanjut Agung, kemudian dilakukan perencanaan pembangunan gedung baru Polda Riau. Pembahasannya cukup panjang dimulai saat Kapolda Riau dijabat Brigjen Deddy S Komarudin.

"Usaha ini sebetulnya sudah dimulai sejak tahu 1980, kemudian dilanjutkan oleh Kapolda selanjutnya seperti Irjen (purn) Zulkarnaen, Irjen (purn) Nandang, lalu oleh Irjen Widodo Eko Prihastopo," terang Agung, Jumat pagi, (18/12/2020).

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Maksimal Melayani Masyarakat

Kepala Polda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi dalam peresmian gedung Polda Riau baru di Jalan Pattimura Pekanbaru.
Perbesar
Kepala Polda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi dalam peresmian gedung Polda Riau baru di Jalan Pattimura Pekanbaru. (Liputan6.com/M Syukur)

Berkat bantuan dari Pemerintah Provinsi Riau, peletakan batu pertama dilakukan pada tahun 2018 dengan anggaran Rp172 miliar lebih. Di atas tanah seluas 22 ribu hektare persegi, gedung Polda Riau baru ini telah bersertifikat.

Ini berbeda dengan gedung lama karena merupakan aset pemerintah daerah. Gedung baru ini juga merupakan bekas Sekolah Polisi Negara (SPN) Pekanbaru yang kemudian dipindah ke Desa Kualu Nanas, Kabupaten Kampar.

"Kemudian tahun 2019 pengadaan barang dari bantuan APBD Riau Rp10 miliar dan DIPA Polri pada tahun 2020 Rp23 miliar," terang Agung.

Selain gedung baru, kegiatan ini sekaligus juga meresmikan SPN baru di Kabupaten Kampar. Kemudian dilanjutkan dengan peresmian Masjid Al-Adzim di komplek Polda Riau baru senilai Rp7 miliar.

Terhadap pemakaian gedung baru ini, Agung berharap seluruh personel Polda Riau meningkat kinerja sesuai tugas dan fungsi masing-masing. Personel diharap kian semangat memberi pelayanan ke masyarakat.

"Karena hakikat pelayanan itu bagaimana memberikan," ucap Agung.

Terhadap masyarakat yang selama ini berhubungan dengan Polda Riau, Agung meminta tak lagi datang ke Jalan Jenderal Sudirman melainkan ke Jalan Pattimura.

"Semoga gedung Polda Riau baru dan SPN memberikan berkah dan marwah bagi Riau," kata Agung.

3 dari 3 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓