Sukses

Jabar-NTB Kerja Sama Penguatan Industri Kreatif Sambut MotoGP Mandalika

Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) menjalin kerja sama di sejumlah sektor, salah satunya industri kreatif.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) menjalin kerja sama di sejumlah sektor salah satunya industri kreatif. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU yang dilakukan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah di Gedung Graha Bakti Praja, Kota Mataram, Kamis (17/12/2020).

Adapun kesepakatan bersama itu dilakukan dalam jangka waktu 2020-2023.

“Jadi hubungan Jabar dan NTB itu sangat erat, dan momentum MotoGP 2021 yang akan diselenggarakan di Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah itu bukan hanya kebanggaan NTB saja, tapi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia, maka hukumnya wajib semua yang mencintai kesuksesan itu mendukung provinsi NTB,” kata Emil, sapaan Ridwan Kamil dalam keterangan tertulis.

MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika masuk daftar cadangan dalam draf kalender MotoGP 2021 yang dirilis pihak penyelenggara MotoGP, Dorna Sports.

Emil menuturkan, pihaknya akan turut mengembangkan ekonomi kreatif (ekraf) di NTB. Nantinya, produk pengrajin Jabar dan NTB bakal dipasarkan saat MotoGP Mandalika berlangsung dan menjadi daya tarik wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

“Hasil pembicaraan kami yaitu mengirimkan orang-orang kreatif asal Kota Bandung yang memang sudah sangat terkenal, dan orang-orang kreatif Jabar untuk mendukung teknis acara dari sisi produk-produk yang akan dipasarkan dalam acara MotoGP yang akan berlangsung,” katanya.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan bahwa dirinya mendapatkan banyak masukan dari Emil untuk meningkatkan sektor ekraf dan UMKM di NTB menjelang MotoGP Mandalika.

Untuk mempelajari seperti teknologi seni dan desain, kata dia, bukan waktu sebentar. Oleh karena itu, Pemprov NTB mengambil cara tercepat dengan meminta tolong Gubernur Jabar untuk melatih UMKM dan anak-anak muda NTB.

“Oleh karena itu, UMKM kita ini tidak ingin nanti cuma jadi penonton. Kita ingin produk kerajinan yang kreatif perlu dipelajari. Sehingga mampu membuat cinderamata oleh-oleh yang membuat kualitasnya bagus dan harganya terjangkau dan laku untuk menyemarakkan MotoGP 2021," kata Zul.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.