Sukses

4 Daerah di Sulut Kembali Masuk Zona Merah Penyebaran Covid-19

Dandel melaporkan perkembangan kasus Covid-19 di Sulut, 4 daerah kembali masuk zona merah.

Liputan6.com, Manado - Penambahan jumlah kasus baru positif Covid-19 di Sulut dalam satu bulan terakhir ini membuat 4 daerah kembali masuk dalam zona merah. Empat daerah itu adalah Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara dan Kota Tomohon.

“Menyikapi beredarnya pesan berantai bahwa Kota Manado berada dalam zona hitam, maka bersama ini kami sampaikan bahwa kebijakan penentuan zonasi resiko paparan Covid-19, tidak pernah mengenal adanya zonasi berwarna hitam,” ungkap Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel MPH, Senin (14/12/2020).

Dandel mengatakan, secara resmi zonasi resiko hanya terdiri dari 4 warna yakni zona hijau, kuning, orange dan merah. Kondisi terkini pada, Senin (14/12/2020), Kota Manado, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara dan Tomohon berada di zona resiko merah.

“Sementara Kabupaten Minahasa, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolmong, Kabupaten Bolmong Timur, Kabupaten Bolmong Selatan, Kota Kotamobagu, Kabupaten Kepulaua Sitaro dan Kabupaten Kepulauan Sangihe berada dalam zona oranye,” papar Dandel.

Sedangkan 2 daerah yang masuk dalam zona kuning penyebaran Covid-19 di Sulut adalah Kabupaten Bolmong Utara, dan Kabupaten Kepulauan Talaud. Dengan demikian tidak ada daerah di Sulut yang masuk zona aman atau zona hijau.

“Kami minta warga Sulut untuk meningkatkan kewaspadaan, secara ketat menerapkan protokol kesehatan untuk menghambat penyebaran Covid-19,” kata Dandel.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akumulasi Kasus Covid-19 di Sulut

Dandel juga melaporkan perkembangan kasus Covid-19 di Sulut di mana ada penambahan 87 kasus baru positif Covid-19, sehingga jumlah akumulasinya mencapai 8.058 kasus. Manado menjadi penyumbang terbesar dengan Manado 50 kasus, Minahasa (17), Tomohon (7), Minahasa Utara (4), Bitung (2), Minahasa Selatan (1), Minahasa Tenggara (2). Selanjutnya Bolmong Selatan (1), Bolmong Utara (1), dan 2 kasus dari luar wilayah Sulut.

“Dari jumlah akumulasi pasien positif Covid-19 sebanyak 8.058 kasus itu, yang termasuk kasus aktif sebanyak 1.824 orang atau sebesar 22,64 persen,” kata Dandel.

Sementara itu untuk kasus sembuh juga bertambah 27 orang, dengan demikian jumlah akumulasinya menjadi 5.963 orang. Angka kesembuhan Covid-19 di Sulut per 14 Desember 2020 adalah 74 persen.

“Kita berharap angka kesembuhan dari pasien Covid-19 ini terus meningkat,” ujarnya.

Dandel juga melaporkan ada penambaham 1 kasus pasien Covid-19 yang meninggal dunia di Sulut, sehingga jumlah akumulasinya menjadi 271 orang. Angka kematian atau case fatality rate sebesar 3,36 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.