Sukses

Korem 071/Wijayakusuma Donor Darah Jelang Hari Juang TNI AD di Tengah Pandemi Covid-19

Ratusan prajurit dan PNS Makorem 071/Wijayakusuma dan Balak Aju Kodam IV/Diponegoro turut serta dan peduli terhadap sesamanya dengan mendonorkan darahnya

Liputan6.com, Purwokerto - Korem 071/Wijayakusuma menggelar donor darah sebagai bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Juang TNI AD tahun 2020 dan bentuk kepedulian terhadap sesama, di Gedung Pertemuan A.Yani Makorem 071/Wk Jalan Gatot Subroto Sokaraja Banyumas, Jumat (11/12/2020).

Donor darah diikuti prajurit dan PNS Makorem 071/Wijayakusuma dan Balak Aju Kodam IV/Diponegoro jajaran Korem 071/Wijayakusuma, bekerjasama dengan PMI Banyumas.

Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., usai mendonorkan darahnya mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2020 dan juga sebagai wahana dan wadah bagi prajurit dan PNS mengapresiasi dan semangat kepedulian kepada sesama, kebersamaan, kesadaran dan jiwa sosial.

"Setetes darah yang kita dermakan kepada sesama sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Apalagi saat ini, pandemi Covid-19 sedang mewabah di segenap penjuru wilayah tanah air, sehingga kebutuhan darah akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan," katanya, dalam keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu (12/12/2020).

"Dengan memberikan apresiasi seperti ini, kesadaran dan jiwa sosial serta kepedulian prajurit dan PNS ini akan memberikan motivasi, teladan dan panutan bagi masyarakat sekitar. Kegiatan ini juga wujud kepedulian TNI sebagai implementasi dan penjabaran prajurit dalam mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya dan sebagai bentuk kemanunggalan TNI-Rakyat," ucap Danrem.

Ratusan prajurit dan PNS Makorem 071/Wijayakusuma dan Balak Aju Kodam IV/Diponegoro turut serta dan peduli terhadap sesamanya dengan mendonorkan darahnya bagi masyarakat yang membutuhkan.

Danrem juga mengatakan kegiatan ini berguna untuk mengingatkan segenap prajurit dan PNS Korem 071/Wijayakusuma tentang sejarah perjuangan TNI AD di masa kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kita laksanakan kegiatan ini, untuk mengingatkan kita bagaimana perjuangan TNI AD di masa lalu dalam merebut kemerdekaan bangsa. Perjuangan TNI AD bersama segenap rakyat, tanpa pamrih. Karenanya, kita sebagai generasi muda penerus perjuangan TNI AD dan bangsa, tidak boleh melupakan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia," dia menegaskan.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Persit Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro

Sesuai dengan yang dikatakan pimpinan TNI AD, kata Danrem, dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2020 ini, seluruh satuan TNI AD melaksanakan bakti sosial berupa donor darah. "Di masa pandemi Covid-19 ini, TNI AD peduli untuk membantu masyarakatnya, menyumbangkan darahnya guna membantu masyarakat terdampak Covid-19," ujarnya.

Dari hasil pengecekan pendonor, 109 personel yang mendaftar. Setelah dilaksanakan proses skrining yang dapat di ambil donornya 72 ampul darah. Kemudian, setelah terkumpul darahnya, diserahkan langsung kepada PMI Banyumas untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro turut serta andil mendonorkan darah dalam acara bakti sosial donor darah memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2020 ini.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Ny. Dewi Lagan Safrudin menyampaikan, kegiatan bakti sosial donor darah ini merupakan wujud kepedulian para istri prajurit dan merupakan salah satu upaya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah, serta membantu menambah persediaan darah di PMI yang sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Kiranya kegiatan ini dapat menggugah hati masyarakat pada umumnya dan para pengurus serta anggota Persit Kartika Chandra Kirana pada khususnya untuk senantiasa peka terhadap berbagai masalah sosial kemasyarakatan,” ucap Ny. Dewi.

Istri Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin ini juga menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada para peserta donor darah, yang dengan penuh keikhlasan rela menyumbangkan darahnya demi menolong orang yang membutuhkan.

“Setetes darah anda dapat menyelamatkan jiwa sesama. Dengan menyumbangkan darah berarti kita telah menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkannya," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.