Sukses

Pilkada Karawang, Cabup Petahana Cellica Unggul di Hasil Situng KPU

Pilkada Karawang, Pasangan Cellica Nurrachadiana-Aep Saepuloh masih mengungguli perolehan suara versi hasil Situng KPU.

Liputan6.com, Bandung - Pilkada Karawang, pasangan Cellica Nurrachadiana-Aep Saepuloh masih mengungguli perolehan suara versi hasil Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng) KPU. Situng yang disiarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui situs resminya, Kamis (10/12/2020) memperlihatkan, pasangan Cellica Nurrachadiana-Aep Saepuloh terpantau unggul dari rivalnya, yaitu pasangan Ahmad Zamakhsyari-Yusni Rinzani dan Yesi Karya Lianti-Ahmad Adly Fairuz, dalam Pilkada Karawang.

Dari hasil hitung suara sementara tersebut, Cellica yang merupakan cabup petahana bersama Aep mendapat 58,6 persen suara. Diikuti pasangan nomor urut 3 Ahmad Zamakhsyari-Yusni Rinzani 29,3 persen dan pasangan nomor urut 1 Yesi Karya Lianti-Ahmad Adly Fairuz meraih 12,1 persen.

Data tersebut terpantau pukul 10.00 WIB. KPU baru merekap perolehan suara di 657 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 4.451 TPS dari 30 kecamatan di Kabupaten Karawang, atau baru 14,76 persennya.

Dalam keterangannya, KPU menyatakan bahwa data yang ditampilkan pada menu hitung suara adalah data yang hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.

Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C.Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Kemudian, apabila terdapat perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap dengan data yang tertulis pada Formulir C.Hasil-KWK, akan dilakukan koreksi pada Sirekap web tingkat kecamatan.

Selain itu, KPU pun menyatakan data yang ditampilkan pada menu hitung suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara Pilkada Karawang. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.