Sukses

Liburan Akhir Tahun, Ini Rekomendasi 6 Air Terjun Terindah di Jawa Timur

Jawa Timur punya sederet air terjun terindah dengan berbagai karateristiknya yang unik.

Liputan6.com, Jakarta - Sebentar lagi liburan akhir tahun tiba, banyak rencana jalan-jalan yang mau tak mau harus tertunda lantaran pandemi Covid-19. Namun tak ada salahnya jika membuat daftar destinasi wisata hits yang bakal Anda kunjungi dari sekarang. 

Jawa Timur masih menjadi salah satu tujuan wisata bagi orang yang gemar wisata petualangan. Kontur Jawa Timur yang bergunung-gunung menjadikan kawasan ini surga bagi mereka yang hobi berpetualang menelusuri keindahan air terjun dengan berbagai karakteristiknya yang menarik.

Tim Liputan6.com punya rekomendasi 6 air terjun terindah di Jawa Timur. Pemilihan ini juga mempertimbangkan cerita sejarah menarik yang menjadi latar belakang keberadaan air terjun tersebut, selain juga tentunya keindahan air terjun itu sendiri.

Berikut 6 air terjun terindah di Jawa Timur dengan latar belakang kisah yang menarik, seperti disusun tim Liputan6.com, Kamis (10/12/2020).

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Air Terjun Puthuk Truno

Keberadaan Air Terjun Puthuk Truno tidak lepas dari cerita legenda mengenai kisah cinta Joko Taruna dan Sri Gading Lestari. Memiliki tin ggi pancur mencapai 45 meter, air terjun Puthuk Truno juga dilengkapi dengan kolam alami sedalam 1-2 meter. Selain jernih dan dinging, air terjun Puthuk Truno tidak pernah kering meski Jawa Timur sedang dilanda kemarau.

3 dari 7 halaman

Air Terjun Madakaripura

Madakaripura merupakan air terjun dengan karakteristik bentuknya yang unik. Keunikan tersebut terletak pada bentuk dinding air terjun yang melengkung sempurna. Dengan tinggi pancur mencapai 170 meter, Air Terjun Madakaripura didadulat sebagai air terjun tertinggi dan terindah di Jawa Timur. Selain indah, air terjun yang masuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru ini juga diyakini sebagai tempat bertapa Patih Gajah Mada.

4 dari 7 halaman

Air Terjun Tancak

Berlokasi sekitar 15 km dari pusat kota Jember, atau tepatnya berada Desa Suci, Kecamatan Panti, Air Terjun Tancak menjadi salah satu lokasi wisata alam terbaik yang ada di Jember. Air Tancak memang diperuntukkan bagi mereka yang gemar petualangan. Pasalnya untuk sampai ke lokasi air terjun, para pengunjung harus melakukan tracking menyusuri hutan dan perkebunan warga sejauh 2 km. Lokasinya yang masih alami dan airnya yang jernih, menjadikan Tancak sebagai salah satu air terjun terindah yang ada di Jawa Timur.

5 dari 7 halaman

Air Terjun Sumber Nyonya

Air Terjun Sumber Nyonya dahulu merupakan penyebab mengapa banyak perempuan di Dukuh Gunung Sari, Tutur, Pasuruan, tidak bisa memiliki keturunan. Hal tersebut disebabkan oleh banyak warga sekitar mengonsumsi air terjun ini, yang setelah ditelisik ternyata mengandung perak. Meski hanya memiliki tinggi pancur sekitar 6 meter, Air Terjun Sumber Nyonya menjadi kawasan wisata alam favorit di Pasuruan. Berlokasi di dalam hutan yang dialiri sungai, menuju ke lokasi Air Terjun Sumber Nyonya bagaikan menelusuri keindahan hutan Indonesia.

6 dari 7 halaman

Air Terjun Kakek Bodo

Air terjun yang memiliki tinggi pancur mencapai 40 meter ini, dahulu merupakan tempat menyepi bagi seorang kakek yang ingin mencari makna kehidupan. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas, Air Terjun Kakek Bodo menjadi objek wisata alam keluarga yang selalu ramai di akhir pekan

7 dari 7 halaman

Air Terjun Nglirip

Berlokasi di Tuban, Jawa Timur, air terjun ini sangat terkenal dengan mitos-mitosnya yang penuh misteri. Mitos yang paling menarik adalah kepercayaan dimudahkan mendapat jodoh bagi siapapun yang mandi di air terjun ini. Nama ‘Nglirip’ diambil dari nama puteri yang dipercaya arwahnya masih mendiami gua yang berada di dinding air terjun. Dikelilingi dengan tumbuhan hijau, Air Terjun Nglirip tampak memesona dengan airnya yang jernih. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.