Sang Adik Jadi Paslon, Bupati 28 Hari Ogan Ilir Beri Dukungan Saat Quick Count Pilkada

Oleh Nefri Inge pada 09 Des 2020, 19:07 WIB
Diperbarui 09 Des 2020, 19:29 WIB
Mantan Bupati 28 Hari Dampingi Adiknya Saat Quick Count Pilkada Ogan Ilir
Perbesar
Panca Wijaya Akbar (baju putih) didampingi Ahmad Wazir Noviadi (baju hitam) saat menyampaikan rasa syukur karena menang di quick count sementara Pilkada Ogan Ilir Sumsel (Liputan6.com / Nefri Inge)

Liputan6.com, Palembang - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Ogan Ilir Sumatera Selatan (Sumsel), diikuti oleh dua pasang calon (paslon), yaitu nomor urut 01 Panca Wijaya Akbar–Ardani dan nomor urut 02 Ilyas Panji Alam–Endang PU Ishak.

Untuk kedua calon bupati (cabup) Ogan Ilir Sumsel, mempunyai latar belakang politik yang sudah tak asing di telinga warga Ogan Ilir Sumsel.

Panca Wijaya Akbar sendiri, merupakan anak dari mantan Bupati Ogan Ilir yang sekarang menjabat sebagai Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel Mawardi Yahya.

Dia juga adalah adik dari Ahmad Wazir Noviadi (33), mantan Bupati Ogan Ilir yang hanya menjabat selama 28 hari. Ahmad Wazir Noviadi atau akrab disapa Ovi, dipecat oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, karena tersandung penyalahgunaan narkoba pada tahun 2016 lalu.

Sedangkan Ilyas Panji Alam merupakan cabup petahana, karena dia masih menyandang status sebagai Bupati Ogan Ilir, menggantikan Ovi yang dipecat dari jabatannya. Namun, jelang Pilkada Ogan Ilir, Ilyas mengajukan cuti sebagai kepala daerah.

Awalnya, Ovi akan kembali melenggang di Pilkada Ogan Ilir 2020. Namun, karena diduga tak mencukupi syarat sebagai cabup, posisi Ovi digantikan oleh adiknya Panca Wijaya Akbar.

Kendati belum bisa tampil kembali sebagai kandidat Bupati Ogan Ilir, Ovi tetap berada di barisan terdepan untuk memenangkan adiknya di Pilkada Ogan Ilir.

Hal tersebut terlihat ketika penghitungan suara cepat atau Quick Count di Posko Pemenangan Induk Paslon 01 di Indaralaya Indah Kecamatan Indralaya Ogan Ilir Sumsel, Rabu (9/12/2020).

Dengan menggunakan pakaian serba hitam dan topi hitam, Ovi yang juga sebagai Ketua Tim Pemenangan Panca-Ardani, terus mendampingi dan menyemangati Panca-Ardani selama memantau hasil Quick Count di Kabupaten Ogan Ilir Sumsel.

Hingga Rabu sore sekitar pukul 15.00 WIB, suara yang masuk mencapai 51,06 persen. Di mana, paslon Panca-Ardani unggul dengan perolehan 73.791 suara. Sedangkan, paslon Ilyas-Endang bertengger di perolehan 40.091 suara.

2 dari 4 halaman

Bupati 28 Hari

20160315-Bupati Ogan Ilir
Perbesar
Mantan Bupati Ogan Ilir Ahmad Wazir Nofiadi. (Liputan6.com/Muhamad Ali)

Riuh massa yang menyaksikan hasil sementara Quick Count tersebut, membuat sorak suara para pendukung paslon 01 menggema.

Dengan berurai air mata, Ovi langsung mengucap syukur atas kemenangan adiknya di Pilkada Ogan Ilir, meskipun belum seluruh suara yang masuk.

"Alhamdulilah dengan kemenangan ini, berkat dukungan orangtua kami dan masyarakat Ogan Ilir. Saya selalu mendampingi Panca-Ardani berkeliling ke 241 desa di Ogan Ilir,” ucap Bupati Ogan Ilir 28 hari itu.

Dia pun percaya, adiknya Panca didampingi Ardani dapat membawa Kabupaten Ogan Ilir bangkit lagi.

3 dari 4 halaman

Seperti Mimpi

Elaktibilitas 2 Paslon Pilkada Ogan Ilir Bersaing Sengit Dalam Hasil Survei
Perbesar
Calon Bupati (Cabup) Ogan Ilir nomor urut 1 Panca WIjaya Akbar saat mengunjungi warga Ogan Ilir Sumsel (Dok. Humas Timses Panca-Ardian / Nefri Inge)

Rasa haru juga dirasakan oleh Panca Wijaya Ardani. Dengan menggunakan kemeja putih, dia menyampaikan rasa bahagia, terharu dan bangga terhadap pencapaian yang diperolehnya.

"Hari ini, jujur di dalam hati saya rasa haru, bangga bercampur aduk menjadi satu. Berdiri di sini hari ini seperti mimpi. Saya merasa bangga bisa berjuang untuk bersama-sama, membangkitkan Kabupaten Ogan Ilir yang selama ini tidak ada pembangunannya," ujarnya.

Panca juga berterima kasih kepada ayahnya Mawardi Yahya, karena telah memberikan kesempatan untuk melenggang di Pilkada Ogan Ilir Sumsel.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Lanjutkan Membaca ↓