Sukses

Misteri Pertarungan Rp 10 Ribu Lawan Rp 20 Ribu di Pilkada Sragen 2020

Calon tunggal Pilkada Sragen 2020 mendapat perlawanan dari kotak kosong, setidaknya ada yang membagi uang Rp 10 ribu agar warga memilih kotak kosong. Bagaimana Petahana melawan?

Liputan6.com, Semarang - Uang Rp20.000 mendadak viral di media sosial di Sragen. Viralnya sejak sebelum pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Sragen 2020, Rabu (9/12/2020).

Hasil penelusuran Liputan6.com, peristiwa bermula ketika ada ada warga yang mengetahui bagi-bagi uang di Kota Sragen. Mereka mengaku menerima uang Rp10.000 supaya mencoblos kotak kosong. 

Tak mau kalah, di Kecamatan Tanon ternyata ada warga yang mengaku menerima Rp20.000 untuk mencoblos calon bupati petahana.

Akun Facebook Widiefritiani kemudian memposting foto uang Rp20.000 di Grup Kumpulan Warga Sragen (KWS) dengan caption, “Ada apa dengan 20ribu.”.

Postingan Widiefritiani pada Selasa (8/12/2020) itu mendapat 135 komentar warganet. Sebagian warganet lalu menanggapi postingan itu dengan canda.

 “Pemilih cerdas, jangan mau disuap. Kalau suapnya banyak baru mau,” tulis akun Anto Sul.

 

 

Simak video pilihan berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Misteri Bandar Judi?

Akun Yudhi Putrane MbahPanem memposting tangkapan layar status WhatsApp di medsos tentang serangan fajar Pilkada Sragen 2020.

“Info tadi pagi pas saya bangun tiba-tiba ada yang gedor pintu. Pintu saya buka dengan keadaan saya belum siap, Mas Fajar sudah menyerang dan saya tangkis. Mas Fajar menyerang dengan menggunakan senjata tajam jenis kertas ada nominal Rp20.000. Sekian terima kasih itu tragedi.”

Postingan itu serta merta disambut gegap gempita,

“Rp20.000 keno nggo ngebaki tangki motor,” komentar akun Eddy Ppkd Belonsat.

Sejumlah warga di Kota Sragen membenarkan ada yang menerima uang Rp10.000 supaya mencoblos kotak kosong. Di Kecamatan Tanon, terdapat warga yang menerima Rp20.000 untuk mencoblos calon bupati petahana.

“Di sini satu suara dihargai Rp20.000. Kami tidak tahu dari mana asal uang itu,” kata salah satu warga.

Ia menduga ada botoh atau bandar judi yang ikut bermain sehingga berusaha jagonya menang.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sragen, Dwi Budhi Prasetyo, belum mendapat laporan dari masyarakat terkait dugaan praktik politik uang.

“Tidak ada laporan. Silakan lapor ke Bawaslu jika menemukan praktik money politics dalam Pilkada Sragen 2020,” kata Dwi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.