Sukses

Aksi Wanita-Wanita Cantik Medan Sosialisasi Keselamatan di Perlintasan Sebidang

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara (Sumut) sosialisasi keselamatan berlalu lintas di perlintasan sebidang. Sosialisasi bertempat di JPL 04, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan.

Liputan6.com, Medan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara (Sumut) sosialisasi keselamatan berlalu lintas di perlintasan sebidang. Sosialisasi bertempat di JPL 04, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan.

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Mahendro Trang Bawono mengatakan, sosialisasi digelar karena melihat masih rendahnya kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di perlintasan sebidang, yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

"Kita mengajak seluruh pengguna jalan untuk bersama-sama menaati rambu-rambu yang ada, serta lebih waspada saat akan melintasi perlintasan sebidang kereta api," kata Mahendro, Sabtu (28/11/2020).

Kegiatan sosialisasi turut dihadiri sejumlah wanita-wanita cantik. Mereka tampak membawa papan imbauan berisi tentang ajakan untuk berhati-hati saat melintas di perlitasan sebidang kereta api. Tidak hanya itu, mereka juga tampak membagi-bagikan masker dan bunga kepada pengendara.

Misalnya, salah satu papan imbauan yang dibawa seorang wanita dalam sosialisasi bertuliskan, "Kepala kereta lebih keras dari watak mantanmu, asli, serius." Tidak hanya itu, wanita lainnya juga tampak membawa papan imbauan bertuliskan, "Menemper kereta sakitnya tuh di sini. Tunggu KA yang melintas."

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagikan Bunga dan Masker

Mahendro juga menyebut, pada sosialisasi kali ini pihaknya menggandeng stakeholder perkeretaapian dan pecinta kereta api. Turut dilakukan pembagian stiker dan masker, juga pembentangan spanduk dan poster berisi imbauan.

"Kita juga melakukan pembagian bunga untuk para pengendara yang melintas," ujarnya.

Adapun total perlintasan sebidang di wilayah Divre I Sumut sebanyak 353, yang terbagi menjadi pelintasan sebidang resmi 92 titik dan liar 252 titik. Untuk perlintasan tidak sebidang yang telah difasilitasi flyover dan underpass sebanyak 9 titik.

Disebutkan Mahendro, kecelakaan di pelintasan sebidang tidak hanya merugikan pengguna jalan, tapi juga dapat merugikan PT KAI. Tidak jarang perjalanan kereta api terhambat, kerusakan sarana atau prasarana perkeretaapian.

"Untuk menekan angka kecelakaan dan korban, maka masyarakat diharapkan dapat lebih disiplin berlalu lintas, menyadari dan memahami juga fungsi pintu perlintasan kereta api," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Jumlah Kecelakaan

PT KAI Divre I Sumut mencatat, sejak Januari hingga November 2020 telah terjadi 30 kecelakaan di pelintasan sebidang kereta api. Data korban meninggal dunia sebanyak 3 orang, luka berat 1 orang, dan luka ringan sebanyak 20 orang.

"Dalam peraturan disebutkan, pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api. Ini untuk menghindari kecelakaan," Mahendro menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.