Sukses

Strategi Mulyadi-Ali Mukhni Genjot UMKM di Sumbar

UMKM yang dikembangkan dan dibantu harus sesuai dengan potensi lokal.

Liputan6.com, Padang - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) nomor urut 1 Mulyadi-Ali Mukhni punya perhatian khusus kepada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dalam program yang disusun oleh Mulyadi-Ali Mukhni, UMKM akan diberi akses permodalan hingga pelatihan.

Mulyadi menyebut, sektor UMKM menjadi bagian penting dalam penguatan ekonomi masyarakat. UMKM juga mampu menyerap banyak tenaga kerja yang sesuai dengan misi Mulyadi-Ali Mukhni untuk mengurangi pengangguran.

"Kita beri mereka akses permodalan, pelatihan agar mereka lebih profesional, agar mereka lebih produknya lebih bagus, dan makin banyak orang yang membeli," ucap Mulyadi, Sabtu (28/11/2020).

Selain akses permodalan dan pelatihan, Mulyadi-Ali Mukhni juga ingin mengembangkan UMKM dengan kemitraan dengan pengusaha besar. Agar pelaku UMKM suatu saat nanti bisa menjadi pengusaha besar yang akan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja.

Lebih lanjut, Mulyadi mengatakan, UMKM yang dikembangkan dan dibantu harus sesuai dengan potensi lokal. Terlebih lagi banyaknya potensi UMKM dari produk kerajinan hingga makanan yang khas dari Sumbar.

"Kita ingin UMKM yang potensi lokal terus berkembang. Keunggulan di masing-masing daerah, itu yang kita genjot, kita perbanyak masyarakat yang bergerak pada sektor UMKM," jelasnya.

Mulyadi-Ali Mukhni ingin pengusaha UMKM terus naik tingkat. Bukan hanya secara kuantitas tetapi juga kualitas dari UMKM. Oleh sebab itu, dia ingin membantu permodalan hingga pelatihan.

"UMKM kita menderita, kita tidak boleh membiarkan UMKM kita seperti ini, tidak boleh UMKM gulung tikar dan mati. Kami akan memberikan perhatian khusus kepada UMKM," ucap Mulyadi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.