Sukses

Mengintip Bekal Khusus Polisi di Blora Amankan Pilkada Saat Pandemi Covid-19

Ramai-ramai secara bertahap personel kepolisian dari jajaran Polsek dan Polres Blora jalani tes usap Covid-19.

Liputan6.com, Blora - Jajaran kepolisian ramai-ramai secara bertahap sesuai penjadwalan mendatangi tiap-tiap puskesmas yang ada di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Pasalnya, Korps Bhayangkara mendapat instruksi untuk menjalani tes usap Covid-19, mengingat Pilkada serentak sebentar lagi akan tiba waktunya, yakni 9 Desember 2020.

Kapolsek Jepon, Iptu Supriyono menjelaskan, tes usap Covid-19 yang dijalankan pihaknya merupakan program dari Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah.

"Iya, semua Polsek dan Polres Blora juga, itu program dari Polda," jelas Iptu Supriyono kepada Liputan6.com, Kamis (26/11/2020).

Khusus Polsek Jepon, kata dia, ada 35 personel yang ditugasi pengamanan Pilkada sudah dites usap Covid-19 pada Rabu (25/11/2020).

"Ini gunanya untuk memastikan bahwa anggota yang terploting dalam pengamanan Pilkada sehat dan tidak terpapar Covid-19," ungkapnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibekali Masker dan Hand Sanitizer

Iptu Supriyono mengatakan, tahapan pemungutan suara atau coblosan yang digelar KPU Kabupaten Blora tinggal menghitung hari. Nantinya, kata dia, personel yang bertugas akan dibekali masker dan hand sanitizer.

Magister Hukum dari Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang ini mengingatkan, khususnya jajaran anggotanya di Polsek Jepon agar memperhatikan serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama menaati protokol kesehatan.

"Memakai masker, jaga jarak, dan sering-sering mencuci tangan dengan sabun karena Covid-19 saat ini belum mereda," ungkap Iptu Supriyono.

Di sisi lain, Paur Humas Polres Blora, Bripka Arif Nirwanto saat dihubungi melalui ponselnya mengungkapkan, tes usap Covid-19 sudah dijalani oleh tujuh Polsek dari jumlah total 16 Polsek se-Kabupaten Blora.

Saat disinggung berapa jumlah total personel kepolisian yang sudah dites usap, dia mengaku tidak hafal detailnya.

"Kalau hari ini yang Polres Blora, ini masih berlangsung. Aku enggak hafal jadwalnya," ungkap Bripka Nirwanto.

Lebih lanjut dia menjelaskan, progam tes usap Covid-19 yang dijalankan kepolisian saat ini dipimpin oleh Paur Kesehatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Blora.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.