Sukses

UMKM Milenial Jadi Kekuatan Baru Ekonomi Indonesia Menuju Pasar Global

Peran pelaku UMKM di kalangan milenial diharapkan mampu menjadi penyokong perekonomian Indonesia menuju pasar dunia. Hal itu dimanfaatkan Bank Indonesia dalam KKI 2020 demi menghasilkan UMKM Milenial berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 Bank Indonesia mengusung tema "UMKM Sahabat Milenial", KKI ini diharapkan bisa mendorong generasi muda memiliki semangat cinta UMKM dengan mencintai produk lokal serta menumbuhkan semangat kewirausahaan bagi perekonomian bangsa.

Pameran serupa telah dilaksanakan sebelumnya dan mendatangkan pengunjung sebanyak 53.153 dengan jumlah peserta 379 UMKM. Kegiatan tersebut mampu meraup untung penjualan hingga Rp10,5 miliar, bis is matching Rp113,2 miliar dan komitmen pembayaran Rp4,7 miliar.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan selain event KKI 2020 digelar, berbagai event menarik diselenggarakan khusus bagi segmen milenial, seperti Dialog Kopi, kompetisi latte art, Edukasi Onboarding, dan Business Coaching. Narasumber dipilih yaitu, Syafrudin (Ketua Umum SCAI), Junanto Herdiawan (Bank Indonesia), Barista Chicco Jerikho dan Yessylia Violin, pengusaha muda Aldi Raharja, Michael Chrisyanto, Mohamad Iqbal, Lutfiel Hakim, Agung Prakoso, Vanda Rainy, Ferly Novriadi, dan Rohadi Wijaya.

"Bonus demografi memposisikan peran penting milenial dalam ekonomi indonesia. Milenial akan menjadi motor penggerak new UMKM di masa kini maupun masa depan," ujar Perry Warjiyo.

Ia berharap, pelaku UMKM dari kalangan milenial akan menjadi enterpreneur yang men dunia. "Milenial yang mencintai produk dalam negeri akan menjadi potensi pasar yang sangat besar bagi UMKM kita. Di lain pihak milenial yang mempunyai jiwa yang tangguh dan budaya kewirausahaan yang tinggi akan menjadi sumber penciptaan enterpreneur baru yang unggul yang menjadi titik awal menjadi milenialispreneur go global." kata Perry.

"Tema kali ini merupakan harapan sekaligus optimisme milenialspreneur untuk meningkatkan kesehjahteraan bangsa dan perekonomian di masa depan." imbuh dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BI Dorong UMKM Milenial Binaan Tembus Pasar Internasional

Karya Kreatif kali ini mengangkat tema “Bangkitkan Jiwa Muda, untuk Wastra Nusantara” yang menghadirkan desainer Tuty Adib yang mengangkat Songket Lunggi, produk UMKM Binaan BI Kalimantan Barat dan desainer Wignyo Rahadi yang mengangkat Batik Papringan Banyumas, produk UMKM Binaan BI Purwokerto.

Pagelaran Karya Kreatif juga dilakukan dengan tema “Wastra Nusantara Balut Milenial Bergaya” yang akan menghadirkan desainer Didiet Maulana yang mengangkat kain tradisional Tenun Tanimbar produk UMKM Binaan Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku dan desainer Ayu Dyah Andari yang mengangkat kain Tenun Lurik produk UMKM Binaan Kantor Perwakilan BI provinsi D.I. Yogyakarta.

Melalui KKI, UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia di seluruh nusantara didorong untuk secara kontinyu melakukan inovasi, memperbaiki kualitas produk sesuai selera pasar dan berorientasi ekspor, serta memanfaatkan platform digital, agar dapat menembus pasar internasional.

Jangan lewatkan keseruan KKI 2020 Seri Ketiga ini dengan mengunjungi website www.karyakreatifindonesia.co.id atau bisa email melalui bicara@bi.go.id untuk informasi lebih lanjut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini