Sukses

Lokasi Wisata Sungai Landak Bahorok Diterjang Banjir Bandang Tengah Malam

Tingginya intensitas hujan yang melanda kawasan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), menyebabkan sejumlah air sungai meluap. Bahkan, salah satu lokasi wisata Sungai Landak diterjang banjir bandang.

Liputan6.com, Langkat Tingginya intensitas hujan yang melanda kawasan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), menyebabkan sejumlah air sungai meluap. Bahkan, salah satu lokasi wisata Sungai Landak diterjang banjir bandang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langkat, Irwan Sahri mengatakan, Sungai Landak Bahorok yang diterjang banjir bandang tepatnya berada di Desa Tampiraya, Kecamatan Bahorok.

"Banjir besar atau banjir bandang di Sungai Landak, Bukit lawang terjadi tengah malam tadi, atau sekitar pukul 00.00 WIB," katanya, Rabu (18/11/2020).

Dijelaskan Irwan, berdasarkan laporan aparat setempat yang diperoleh, sejauh ini tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir bandang tersebut. Mengenai kerusakan yang diakibatkan musibah itu masih didata.

"Data dari kecamatan masih itu yang diterima, dan tidak ada korban jiwa," ucapnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warna Air Sungai Keruh

Seorang warga setempat, Tomy Hendrik mengatakan, akibat banjir besar tersebut menyebabkan erosi, sehingga 2 unit penginapan yang berada dekat di bibir sungai amblas. Saat ini warga setempat sedang beres-beres.

"Gak ada kayu gelondongan. Warna air sungai keruh, tapi sudah surut," sebut Tomy.

Diungkapkannya, banjir besar yang melanda kawasan wisata Sungai Landak terjadi sekitar satu jam. Sepengetahuannya, tinggi air saat banjir terjadi kurang lebih 5 meter. Banjir terjadi akibat hujan deras.

"Sekitar lima meter, dan surut lagi. Ini sudah normal, dan saat ini sedang beres-beres," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Kawasan TNGL

Lokasi wisata Sungai Landak berada tidak jauh dari kawasan ekowisata Bukit Lawang. Sungai Landak sendiri menawarkan pemandangan air yang jernih dan menarik untuk dikunjungi para wisatawan.

Sungai Landak juga masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), sehingga suasana Sungai Landak masih sangat asri dan di kelilingi hutan hujan tropis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.