Sukses

Kabar Duka dari Banyumas, Bencana Longsor Renggut Satu Keluarga

Dari lima korban longsor di Banyumas tersebut, dua orang sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Sedangkan tiga korban longsor lainnya masih dalam proses pencarian

Liputan6.com, Banyums - Bencana banjir dan longsor melanda Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mulai Selasa dinihari (17/11/2020). Tak hanya kerugian harta benda, bencana alam itu juga merenggut korban jiwa.

Dilaporkan sebanyak lima jiwa di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menjadi korban longsor di dua desa. Longsor terjadi di Desa Bogangin dan Banjarpanepen, Sumpiuh.

Dari lima korban longsor di Banyumas tersebut, dua orang sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Sedangkan tiga korban longsor lainnya masih dalam proses pencarian.

Komandan Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Banyumas, Heriana Ady Chandra mengatakan korban pertama yakni Wagimin, warga Desa Bogangin sudah dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia.

Korban meninggal kedua, yakni Wagiati (42 th), warga Desa Banjarpanepen. Tiga korban lain yang masih dalam proses evakuasi yakni suami Wagiati, Basuki (52 th) dan dua anaknya, Lucas dan Yudas.

“Lima orang, satu orang di Desa Bogangin atas nama Wagimin, empat orang di Desa Banjarpanepen. Saat ini, tinggal tiga jiwa yang belum ditemukan,” katanya, menjelaskan proses evakuasi korban longsor melalui sambungan telepon, Selasa (17/11/2020).

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sulitnya Proses Evakuasi Korban Longsor

Selasa siang, proses evakuasi tiga korban sekeluarga itu masih berlangsung. Tim SAR gabungan kesulitan karena ketebalan material longsor dan personel hanya menggunakan alat tradisional. Alat berat Selasa siang ini sudah diluncurkan dari Purwokerto.

“Teman-teman tim SAR gabungan, juga masih dalam proses pencarian. Namun, karena ketebalan lumpur, dan kita menggunakan alat tradisional, tentunya menyulitkan proses pencarian. Sebenarnya, hari ini, saat ini, eskavator sudah diluncurkan dari Purwokerto,” Heriana menjelaskan.

Heriana mengemukana, satu rumah di Dusun Kali Cawang, Banjarpanepen tertimbun longsor pada Selasa dinihari (17/11/2020). Nahas, empat korban di dalam rumah tak bisa menyelamatkan diri.

Dihimpun dari berbagai sumber, bancana tanah longsor dan banjir dilaporkan juga terjadi di beberapa wilayah lain di Banyumas. Banjir juga sempat merendam Jalan Nasional Lintas Selatan (JLS), di Kemranjen dan Lumbir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.