Sukses

Bunga Langka Rafflesia Tuan-Mudae Kembali Mekar Sempurna di Maninjau

Saat ini, bunga Rafflesia Tuan-Mudae dengan diameter 62,3 sentimeter tengah mekar sempurna dalam kawasan hutan Cagar Alam Maninjau, Sumatera Barat.

Liputan6.com, Padang - Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) kini menjadi habitat tumbuhnya bunga langka dan dilindungi jenis Rafflesia Tuan-Mudae.

Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Ade Putra dalam keterangan tertulisnya mengatakan, saat ini bunga Rafflesia Tuan-Mudae tengah mekar sempurna dalam kawasan hutan Cagar Alam Maninjau yang berlokasi di Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam.

Bunga dengan diameter 62,3 sentimeter itu tumbuh di antara hutan belantara kawasan hutan Cagar Alam Maninjau.

"Saat tim BKSDA resor Agam melakukan patroli di sekitar lokasi pada Kamis (12/11/2020), bunga tersebut terpantau mekar sempurna," ujar Ade Putra.

Dia menyampaikan, di lokasi tersebut terdapat tujuh knop atau bonggol bunga Rafflesia tuan-mudae, dan satu knop akan mekar sempurna dalam waktu satu minggu ke depan.

Saksikan Juga Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbedaan Rafflesia Arnoldii dan Tuan-Mudae

Bunga rafflesia merupakan jenis tumbuhan yang dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya, sehingga keberadaannya terus dipantau dan dijaga untuk tetap lestarikan.

Ade Putra mengatakan, di lokasi yang sama juga pernah tumbuh bunga Rafflesia Tuan-Mudae dengan diameter mencapai 111 sentimeter.

Bunga tersebut menjadi bunga rafflesia terbesar di dunia yang pernah tercatat dan terdokumentasikan.

Spesies Rafflesia tuan-mudae hampir mirip dengan Rafflesia arnoldii. Perbedaan yang mencolok antara jenis Rafflesia tuan-mudae dengan Arnoldii ada pada morfologi atau fisiknya.

Warna kelopak arnoldii lebih ke oranye, sementara spesies tuan-mudae memiliki kelopok bewarna merah marun.

Lalu, perbedaannya juga dapat dilihat dari pola putih atau bercak pada kelopak. Arnoldi memiliki bercaknya ganda (besar dan kecil), sementara tuan-mudae tunggal.

Lebih lanjut, bercak pada arnoldi juga lebih besar dan jarak antara satu bercak dengan yang lainnya juga agak berjauhan jika dibandingkan dengan jenis tuan-mudae.

Di dunia, saat ini ada 31 jenis tumbuhan rafflesia. Dari 32 jenis, 15 jenis ada di Indonesia dan 11 jenis di antaranya berada di pulau Sumatra. Rafflesia tuan-mudae pertama kali ditemukan di Serawak, Malaysia. Bunga ini hanya mekar dalam jangka waktu 7-10 hari, setelah itu akan layu dan membusuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.